Rusia Dendam pada Inggris karena Pasok Senjata ke Ukraina

Minggu, 13 Maret 2022 - 04:32 WIB
loading...
Rusia Dendam pada Inggris...
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. Moskow dendam pada Inggris karena mendukung dan memasok senjata ke Ukraina. Foto/Kemlu Rusia/TASS
A A A
MOSKOW - Rusia menyimpan dendam terhadap Inggris karena memasok senjata ke Ukraina dan menjatuhkan rentetan sanksi pada Moskow.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia membuat ancaman terselubung terhadap Inggris dan sekutunya.

"Rusia tidak akan melupakan keinginan Inggris untuk bekerja sama dengan pasukan ultra-nasionalis di Ukraina dan pasokan senjata Inggris ke rezim Kiev," kata juru bicara kementerian tersebut, Maria Zakharova.

“Histeria sanksi di mana London memainkan salah satu peran utama, jika bukan peran utama, membuat kami tidak punya pilihan selain mengambil tindakan pembalasan yang proporsional. London telah membuat pilihan terakhir untuk konfrontasi terbuka dengan Rusia," ujarnya, seperti dikutip The Mirror, Minggu (13/3/2022).

"Perkembangan seperti itu meyakinkan kami sekali lagi bahwa Russophobia dan tujuan untuk melemahkan negara Rusia adalah elemen integral dari kebijakan luar negeri Inggris."



Zakharova sebelumnya menuduh kantor berita BBC memainkan peran teguh dalam merusak stabilitas dan keamanan Rusia setelah mengumumkan menangguhkan pekerjaan jurnalisnya di Rusia ketika pihak berwenang mengeluarkan undang-undang yang akan menindak outlet berita asing.

Tanggapan Moskow ini muncul setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meluncurkan paket sanksi terbesar dan terberat yang pernah dilihat Rusia setelah Moskow melancarkan invasi ke Ukraina melalui darat, laut dan udara.

Terlepas dari dendam dan kemarahan Rusia terhadap Inggris, PM Johnson telah dikritik oleh beberapa orang atas tanggapannya karena sejauh ini hanya 15 orang Rusia, termasuk Putin dan Menteri Luar Negeri-nya, yang menjadi sasaran sanksi.

Sebaliknya, Uni Eropa telah memberlakukan sanksi dan larangan bepergian terhadap 702 orang, termasuk semua anggota Parlemen Rusia, dan lebih dari 50 organisasi yang memiliki hubungan dengan Putin.

Johnson sebelumnya mengatakan: “Selama Putin melanjutkan serangan biadabnya terhadap warga Ukraina yang tidak bersalah, kami akan terus mengerahkan setiap kekuatan yang kami miliki untuk menimbulkan kerugian ekonomi maksimum pada Putin dan mesin perangnya.”

Ancaman dari Rusia bukan pertama kalinya dilontarkan sejak dimulainya invasi.

Pekan lalu, Presiden Vladimir Putin berusaha menyalahkan Menteri Luar Negeri Liz Truss atas ancamannya sendiri tentang penggunaan senjata nuklir.

Menurut kantor berita Interfax, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada konferensi pers: "Saya tidak akan menyebut nama penulis pernyataan ini, meskipun itu adalah menteri luar negeri Inggris."

"Pernyataan dibuat oleh berbagai perwakilan di berbagai tingkatan tentang kemungkinan pertengkaran atau bahkan tumbukan dan bentrokan antara NATO dan Rusia," ujarnya.

"Kami percaya bahwa pernyataan seperti itu sama sekali tidak dapat diterima."

Inggris sebagai tanggapan menuduh Vladimir Putin menggunakan teknik pengalih perhatian ketika Kremlin menempatkan penangkal nuklir Rusia pada siaga tempur.

Juru bicara resmi Perdana Menteri Boris Johnson membalas, dengan mengatakan: “Retorika yang kita lihat dari rezim Putin dirancang untuk mengalihkan perhatian dari situasi di lapangan. "Itu sangat fokus kami," katanya.
(min)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)