Profil Sergei Shoigu, Menteri Pertahanan Rusia dan Teman Putin Berburu

Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
Profil Sergei Shoigu, Menteri Pertahanan Rusia dan Teman Putin Berburu
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Sosok Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu menjadi sorotan setelah serangan militer Moskow ke Ukraina yang mengejutkan dunia.

Sergei memberikan pernyataan pada Selasa (1/3/2022) bahwa tindakan Rusia melakukan operasi militer di Ukraina sebagai upaya pertahanan dari ancaman militer Barat dan tidak ada niatan melakukan invasi.

Adapun Sergei Shoigu adalah salah satu orang kepercayaan Putin, baik secara politik maupun personal.



Pria yang bernama asli Sergei Kuzhugetovich Shoigu ini merupakan seorang politisi Rusia, Jenderal Angkatan Darat, sekaligus Menteri Pertahanan Federasi Rusia sejak 2012.



Ia lahir pada 21 Mei 1955 di Chadan, Oblast, Otonom Tuvan. Ayahnya adalah etnis asli Tuvan, sementara ibunya merupakan orang Rusia yang lahir di Ukraina dan menjadi Wakil Dewan Regional Rakyat Tyvas.

Sebelum berkiprah di dunia politik, Shoigu lulus dari Institut Politeknik Krasnoyarsk di bidang teknik sipil pada 1977. Dia sempat bekerja dalam proyek konstruksi nasional selama beberapa dekade.

Hingga pada 1988, Shoigu mendapat jabatan di Partai Komunis Uni Soviet untuk wilayah Abakan. Shoigu lalu pindah ke Moskow pada 1990 dan diangkat menjadi Wakil Kepala Komite Arsitektur dan Konstruksi Negara Federasi Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)