Rusia Desak Dewan Keamanan PBB Bahas Biolab Ukraina

Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:07 WIB
loading...
Rusia Desak Dewan Keamanan PBB Bahas Biolab Ukraina
Pekerja berada di laboratorium di Kiev, Ukraina. Foto/who
A A A
MOSKOW - Rusia menyerukan pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas program senjata biologis yang diklaim didukung Amerika Serikat (AS) di Ukraina.

Washington telah membantah bahwa mereka memiliki atau mengoperasikan biolab semacam itu di Ukraina, sementara Kiev bersikeras fasilitas berbahaya itu hanya terlibat dalam penelitian sipil.

Wakil utusan Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy mengumumkan langkah tersebut pada Jumat pagi (11/3/2022), dengan mengatakan misi tersebut meminta pertemuan puncak Dewan Keamanan pada 11 Maret.



Polyanskiy mengutip pengarahan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia yang mengklaim Amerika Serikat dan sekutu NATO menjalankan “program biologis militer” di Ukraina.



Pengarahan militer melanjutkan dengan mengklaim Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Pentagon "membiayai dan melakukan penelitian biologi militer di wilayah Ukraina," mengutip dokumen yang katanya disita di beberapa fasilitas selama serangan Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.



Di antara kegiatan lain, Kemhan Rusia mengatakan, “Penelitian dilakukan di laboratorium di Kiev, Kharkov dan Odessa untuk mempelajari kemungkinan penyebaran infeksi yang sangat berbahaya melalui burung yang bermigrasi."

Washington, bagaimanapun, telah menolak tuduhan itu, dengan juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Ned Price mengatakan kepada wartawan pada Rabu bahwa, “AS sepenuhnya mematuhi kewajibannya di bawah Konvensi Senjata Kimia dan Konvensi Senjata Biologis, dan tidak mengembangkan atau memiliki senjata semacam itu di mana pun.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)