Taiwan Diminta Tiru Ukraina Jika China Nekat Lakukan Invasi

Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:03 WIB
loading...
Taiwan Diminta Tiru Ukraina Jika China Nekat Lakukan Invasi
Taiwan diminta tiru Ukraina jika China nekat lakukan invasi. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Perlawanan sengit yang dilakukan Ukraina terhadap invasi pasukan Rusia dapat menjadi contoh bagi Taiwan untuk mempertahankan diri jika China memilih untuk melanggar kedaulatannya dengan menyerang. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) pada sidang Senat pada hari Kamis.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan tetapi merupakan pemasok senjata utamanya, dan telah lama mendesaknya untuk membeli sistem pertahanan yang hemat biaya dan mobile – yang disebut senjata “asimetris” – untuk melawan China yang militernya lebih kuat.

“Saya pikir situasi yang kita lihat di Ukraina saat ini adalah studi kasus yang sangat berharga bagi mereka tentang mengapa Taiwan perlu melakukan semua yang dapat dilakukan untuk membangun kemampuan asimetris, untuk menyiapkan populasinya, sehingga bisa menjadi duri jika China memilih untuk melanggar kedaulatannya,” kata Mara Karlin, asisten menteri pertahanan untuk strategi, rencana, dan kemampuan seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (11/3/2022).



Sementara itu Jessica Lewis, asisten menteri luar negeri untuk urusan politik-militer, mengatakan kepada para senator bahwa Amerika Serikat terus mendesak Taiwan untuk mendapatkan sistem asimetris, yang telah "digunakan untuk memberikan pengaruh besar di Ukraina."

"Taiwan perlu memprioritaskan pertahanan udara jarak pendek, ranjau laut angkatan laut, dan pertahanan pesisir serta rudal jelajah," kata Lewis, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat dan Taiwan semakin melihat secara langsung apa yang memenuhi syarat sebagai sistem asimetris.

“Kami sedang bekerja dengan mereka hari ini. Saya pikir kami memiliki pemahaman yang jauh lebih dalam tentang itu sekarang, ”kata Lewis.



Lewis mengatakan Taiwan juga perlu mengambil isyarat tentang reformasi pasukan cadangan dari Ukraina, yang memiliki unit pertahanan teritorial sukarela dan sekitar 900.000 tentara cadangan, dan bahwa penduduknya harus siap berperang.

“Jelas kami tidak ingin ada konflik di Taiwan,” kata Lewis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)