Inilah 4 Negara yang Dukung Invasi Rusia ke Ukraina

Kamis, 10 Maret 2022 - 20:38 WIB
loading...
Inilah 4 Negara yang Dukung Invasi Rusia ke Ukraina
Wilayah Mariupol, Ukraina, luluh lantak diserang Rusia. Ada empat negara yang mendukung invasi Moskow. Foto/Layanan Pers Kepolisian Nasional Ukraina/Handout via REUTERS
A A A
JAKARTA - Rusia menginvasi Ukraina dengan dalih operasi militer khusus sejak 24 Februari. Banyak negara mengecam, namun adaempat negara yang mendukung Moskow.

Akibat invasinya, Rusia dijatuhi sanksi oleh banyak negara.

Sementara itu, beberapa pendukung Rusia menilai invasinya terhadap Ukraina karena provokasi negara-negara Barat. Di antara negara-negara pendukung diketahui memang sekutu Moskow.

Mengutip dari Yahoo News!, Kamis (10/3/2022), berikut empat negara di dunia yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina:

1. Belarusia

Belarusia menjadi negara pertama yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Negara ini dikenal sebagai sekuta utama Moskow.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko sebelumnya telah setuju dengan Putin atas kekhawatiran kedekatan Ukraina dengan negara-negara Barat dan NATO.

Atas dukungannya terhadap Moskow, Minsk tidak luput dari sanksi internasional dari sejumlah negara. Salah satunya Korea Selatan yang memutuskan meninjau ulang kebijakan pengendalian ekspor terhadap Belarusia.

2. Korea Utara

Korea Utara menjadi nama berikutnya dari negara yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Dalam keputusannya, negara yang terkenal tertutup ini memberikan suara yang tidak mendukung draft resolusi PBB berisi kecaman terhadap invasi Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)