Tangkal Dampak Sanksi Barat, Rusia Kurangi Penggunaan Dolar AS

Rabu, 09 Maret 2022 - 14:53 WIB
loading...
A A A


Rencana itu ditolak seiring operasi khusus Rusia di Ukraina. Rusia telah mengumumkan gencatan senjata sementara mulai pukul 10:00 waktu Moskow (07:00 GMT) pada Rabu (9/3/2022).

Rusia siap memberikan koridor kemanusiaan dari sejumlah kota di Ukraina, termasuk dari Kiev. Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan operasi khusus berjalan sesuai rencana.

Seiring dengan itu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan larangan impor minyak Rusia pada Selasa.

Tindakan Biden memicu kekhawatiran bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) di AS akan terus meningkat. Namun, sekutu Eropanya tidak berniat mengikuti Washington dalam melarang impor energi Rusia.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan Washington "menekan setiap negara" yang dibicarakannya untuk mencoba membuat mereka "mencocokkan sanksi AS dan Uni Eropa serta sekutu" terhadap Moskow.

Pengoperasian koridor kemanusiaan dari kota Sumy ke Poltava di Ukraina telah diperpanjang hingga Rabu, menurut kepala Administrasi Negara Daerah Sumy, Dmitry Zhivitsky.

"Kelompok perunding bekerja sepanjang malam, dan operasi koridor kemanusiaan dari Sumy ke Poltava berlanjut hari ini, pada 9 Maret, dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam waktu setempat (dari pukul 07.00 hingga 19.00 GMT)," papar Zhivitsky di Telegram.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)