China Desak Pentagon Buka-bukaan Soal Biolab di Ukraina

Rabu, 09 Maret 2022 - 05:13 WIB
loading...
A A A
Dia mengklaim AS “secara eksklusif menghalangi” pembentukan mekanisme verifikasi independen. Perilaku seperti itu, kata Zhao, semakin memperburuk kekhawatiran masyarakat internasional.

Menurut sebuah laporan di The Rio Times, kedutaan AS di Ukraina menghapus semua informasi tentang laboratorium bio yang dibiayai Pentagon di negara itu dari situs webnya pada 26 Februari. Namun, jurnalis Dilyana Gaytandzhieva mengklaim staf kedutaan lupa menghapus dokumen yang menunjukkan bahwa Pentagon mendanai dua biolab baru di Kiev dan Odessa.



“Ukraina tidak memiliki kendali atas biolab militer. Pemerintah Ukraina tidak diizinkan untuk merilis informasi sensitif tentang program tersebut,” klaim outlet berita Brasil.

Selama 20 tahun terakhir, Pusat Sains dan Teknologi di Ukraina, yang didirikan bersama dengan Amerika Serikat, menginvestasikan lebih dari USD285 juta dalam sekitar 1.850 proyek yang dilakukan oleh para ilmuwan yang, menurut Gaytandzhieva, sebelumnya bekerja pada pengembangan senjata pemusnah massal.

Otoritas AS belum mengomentari klaim terbaru.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)