China minta pengertian Korsel soal kebijakan Korut

Jum'at, 11 Januari 2013 - 15:29 WIB
China minta pengertian Korsel soal kebijakan Korut
China minta pengertian Korsel soal kebijakan Korut
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Luar Negeri China, Zhang Zhijun mengakui ketidakpuasan Korea Selatan (Korsel) atas kebijakan China terhadap Korea Utara (Korut). Hal ini disampaikan Zhijun saat mengunjungi Korsel.

“China meminta pengertian Seoul atas keengganan Beijing untuk menghukum Pyongyang. Saya memahami, beberapa rekan dari Korsel tidak puas dengan kebijakan China terhadap Korut, tapi saya meminta mereka untuk juga memahami kesulitan China," kata Zhijun, Jumat (11/1/2013), seperti dikutip dari South China Morning Post

Presiden Korsel Park Geun-Hye, dalam pertemuannya dengan Zhijun menekankan perlunya China dan Korsel mengirim pesan yang jelas dan konsisten pada Korut untuk mematuhi tanggung jawab internasionalnya.

Seoul diketahui frustasi dengan keengganan China untuk menyetujui perluasan sanksi PBB terhadap Pyongyang, sebagai buntut dari peluncuran roket yang dilakukan Korut pada bulan lalu. Sebagian besar masyarakat internasional melihat peluncuran itu sebagai uji coba rudal balistik terselubung.

China adalah satu-satunya sekutu utama Korut dan telah berulang kali menyatakan, bahwa kebijakan yang diambil Pyongyang bisa memicu reaksi yang serius dan akan mengganggu kestabilan semenanjung Korea dan kawasan yang lebih luas.

"Tragedi terbesar di Utara dan Selatan adalah konflik pembunuhan antar saudara," kata Zhang, merujuk pada Perang Korea 1950-53. "Semua tindakan yang diambil China, sejauh ini telah ditujukan untuk mencegah tragedi seperti itu terjadi lagi," kata Zhijun dalam pertemuan dengan sejumlah pengusaha dan wartawan.

"Penyakit kronis berkaitan dengan isu-isu Semenanjung Korea adalah kurangnya kepercayaan," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)