Sejarah Berpisahnya Ukraina dari Uni Soviet

Senin, 07 Maret 2022 - 16:18 WIB
loading...
Sejarah Berpisahnya Ukraina dari Uni Soviet
Peringatan Revolusi di Kiev pada 1970. Foto/N.Selyuchenko/Sputnik
A A A
KIEV - Ukraina merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang berada di wilayah Eropa dan berbatasan langsung dengan Rusia. Kini, Ukraina kini menjadi sorotan dunia internasional karena konflik dengan Rusia.

Ukraina memisahkan diri dari Rusia dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 24 Agustus 1991. Sejak itu, Ukraina telah menyatakan dirinya sebagai negara netral, meskipun memiliki hubungan terbatas dengan Rusia dan negara-negara lain dari Federasi Rusia Bekas Uni Soviet.

Namun, pada tahun 1994, Rusia naik pitam lantaran Ukraina bekerja sama dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), aliansi keamanan yang didominasi negara-negara Barat.



Ukraina sangat ingin bergabung dengan NATO. Namun, mantan Presiden Viktor Yanukovych menekankan bahwa negara itu cukup menjalin kerja sama saja, tak perlu menjadi anggota.



Rakyat Ukraina masih terpecah apakah negara itu harus menghadap ke Barat atau ke arah Rusia. Inilah sebabnya mengapa Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014 karena didukung oleh milisi bersenjata yang mengarah pada referendum.



Pada tahun 2013, di Kiev terjadi demonstrasi besar-besaran yang meluas atas keputusan pemerintah Yanukovych untuk menandatangani perjanjian asosiasi antara Ukraina dan Uni Eropa dan untuk membangun hubungan ekonomi yang lebih dekat dengan Rusia.

Protes pecah dalam beberapa bulan dan memuncak dalam revolusi Ukraina 2014, yang menyebabkan pemberontakan Yanukovych dan pembentukan pemerintahan baru.

Peristiwa ini memicu pencaplokan Semenanjung Krimea oleh Rusia pada Maret 2014 dan perang di Donbass pada bulan itu.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)