AS Sebut Lebih dari 500 Rudal Rusia Sudah Hujani Ukraina

Sabtu, 05 Maret 2022 - 11:07 WIB
loading...
AS Sebut Lebih dari 500 Rudal Rusia Sudah Hujani Ukraina
Wilayah Zhytomyr, Ukraina, luluh lantak akibat serangan Rusia pada 4 Maret 2022. AS menyatakan sudah lebih dari 500 rudal Rusia menghujani Ukraina sejak awal invasi. Foto/REUTERS/Viacheslav Ratynskyi
A A A
WASHINGTON - Pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebut lebih dari 500 serangan rudal Rusia sudah menghujani Ukraina sejak awal invasi, 24 Februari. Hari ini, invasi sudah memasuki hari kesepuluh.

Pejabat tersebut, yang dikutip Washington Post, Sabtu (5/3/2022), tanpa disebutkan namanya, mengatakan sekitar 92 persen kekuatan Moskow sekarang sudah berada di Ukraina.

Sementara itu, juru bicara Pentagon John Kirby meminta Moskow untuk lebih bertanggung jawab tentang target yang mereka pilih untuk diserang. Komentar itu muncul setelah serangan Moskow kemarin dilaporkan menargetkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina, pembangkit terbesar di Eropa.

“Kami terus menyerukan kepada Rusia untuk menghentikan periode invasi...tetapi tentu saja kurang dari itu untuk lebih memperhatikan kewajiban mereka di bawah hukum internasional,” kata Kirby, mencatat bahwa PLTN tidak dirancang untuk menahan pertempuran.



Kirby mengatakan kemajuan operasi militer Rusia di Ukraina selatan telah berhasil merebut kota Kherson dan sekarang melancarkan serangan ke Mykolaiv.

Seorang pejabat senior pertahanan, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas pergerakan pasukan darat Rusia, sebelumnya menduga bahwa Mykolaiv dapat digunakan untuk melakukan serangan darat di Odessa, sebuah kota pelabuhan utama di pantai Laut Hitam.

“Kami tidak tahu pasti apakah Rusia akan menggunakan jalur darat untuk menyerang Odessa,” Kirby. "Sampai pagi ini (Jumat waktu Washington) kami belum melihat aktivitas Angkatan Laut yang signifikan yang membuat kami percaya bahwa serangan di Odessa sudah dekat.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)