Rusia Kepung Pelabuhan Ukraina

Kamis, 03 Maret 2022 - 16:04 WIB
loading...
Rusia Kepung Pelabuhan Ukraina
Pasukan Rusia dilaporkan telah mengepung dua pelabuhan Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Isolasi yang dilakukan Rusia semakin dalam memasuki hari kedelapan invasi ketika sebagian besar dunia menentangnya di PBB untuk menuntutnya mundur dari Ukraina .

Pasukan Rusia terus membombardir kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, dan mengepung dua pelabuhan strategis milik negara tetangganya itu.

Sejumlah pertempuran terjadi di berbagai front di seluruh Ukraina. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Mariupol, sebuah kota besar di Laut Azov, dikepung oleh pasukan Rusia, sementara status pelabuhan vital lainnya, Kherson, kota pembuatan kapal di Laut Hitam yang berpenduduk 280.000 jiwa, masih belum jelas.



Pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim telah mengambil kendali penuh atas Kherson, yang akan menjadikannya kota terbesar yang jatuh dalam invasi. Namun seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) membantah hal itu.

“Pandangan kami bahwa Kherson adalah kota yang sangat diperebutkan,” kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama seperti dilansir dari AP, Kamis (3/3/2022).

Kantor Presiden Zelensky mengatakan kepada AP bahwa mereka tidak dapat mengomentari situasi di Kherson saat pertempuran masih berlangsung.

Wali Kota Kherson, Igor Kolykhaev, mengatakan tentara Rusia berada di kota dan datang ke gedung administrasi kota. Dia mengatakan dia meminta mereka untuk tidak menembak warga sipil dan mengizinkan kru untuk mengumpulkan mayat-mayat dari jalanan.

“Kami tidak memiliki pasukan Ukraina di kota, hanya warga sipil dan orang-orang di sini yang ingin HIDUP,” katanya dalam sebuah pernyataan yang kemudian diposting di Facebook.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)