3 Negara yang Pernah Berkonflik dengan Rusia, Nomor 2 Kini Jadi Mitra Dekat

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:32 WIB
loading...
3 Negara yang Pernah Berkonflik dengan Rusia, Nomor 2 Kini Jadi Mitra Dekat
Militer menggelar parade di Moskow, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan perang melawan Ukraina, pekan lalu. Militer Rusia bahkan benar-benar telah melakukan serangan ke wilayah Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

PBB mencatat ada sekitar 102 warga sipil tewas dan 304 orang lainnya terluka. Lebih dari setengah juta warga pun terpaksa harus mengungsi.

Kata kunci “Rusia”, “Ukraina”, hingga World War 3 menjadi trending topic dunia selama beberapa waktu.

Adapun konflik antara Rusia dan Ukraina ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, Rusia juga telah berkonflik dengan beberapa negara. Berikut adalah daftar negara tersebut, dilansir dari berbagai sumber.

1. Amerika Serikat

Dilansir dari BBC, dalam wawancara, Joe Biden menuding Vladimir Putin adalah seorang pembunuh. Rusia dituduh melakukan campur tangan dalam Pilpres Amerika 2020, dengan menggelembungkan suara calon petahana, Donald Trump.

Putin juga membantah atas tuduhan bahwa jaringan keamanan Rusia melakukan upaya pembunuhan terhadap politikus oposisi Amerika.

Putin menarik Duta Besar Rusia di Amerika, Anatoly Antonov, kembali ke Moskow karena hubungannya dengan AS sudah masuk “jalan buntu’, dan mem-blacklist penjabat keamanan senior dan 10 diplomat Amerika dan “mengusir” mereka dari Rusia.

2. China

Konflik yang terjadi antara China dan Rusia dimulai pada masa Perang Dingin. China secara lantang menyebut Uni Soviet sebagai “The Revisionist Traitor Group of Soviet Leadership" yang menyebabkan pecahnya pertikaian antara dua negara ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)