Kritik Mohammed bin Salman, Joki Wanita Pertama Arab Saudi Diancam Dihabisi

Kamis, 24 Februari 2022 - 12:04 WIB
loading...
A A A
Dia mengeklaim suku Al-Huwaitat-nya telah dipindahkan dari desa-desa yang menjadi rumah bagi lebih dari 25.000 orang untuk membersihkan ruang bagi Neom, sebuah kota baru yang akan dibangun di provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi.

Putra mahkota pertama kali mengungkapkan rencana untuk kota tersebut pada tahun 2017, dengan bagian pertama akan selesai pada tahun 2025.

“Mereka [rezim] telah mengambilnya dari tanah mereka [suku Al-Huwaitat], mengusir mereka dan memulai proyek Neom,” kata Alhwaiti.

“Satu orang terbunuh di depan kamera karena dia menolak untuk pindah dari desanya. Mereka memenjarakan 70 pria dari desa yang sama karena menolak pindah. Suku saya telah tinggal di daerah itu sejak tahun 1400.”

Alhwaiti, yang telah tinggal di Inggris sejak 2011, mengatakan dia sebelumnya bekerja sebagai supervisor untuk pelajar dan kemudian di staf sumber daya manusia (HRD) saat bekerja di kedutaan Saudi di London.

Dia menjelaskan dia bekerja untuk Alwaleed bin Talal Al Saud, seorang pengusaha miliarder Saudi yang merupakan bagian dari keluarga kerajaan, dari 2004 hingga 2011, di mana bangsawan itu mensponsori dirinya dalam menunggang kuda.

Alhwaiti menyimpulkan bahwa kecuali "rezim lengser", dia tidak akan pernah kembali ke Saudi. Dia mengatakan itu menyedihkan bahwa dia tidak bisa kembali ke tanah airnya.

“Tidak ada keadilan, tidak ada demokrasi, tidak ada hak asasi manusia,” katanya. “Anda tidak aman di sana. Anda tidak dapat mengungkapkan pikiran Anda."

Lucy Rae, juru bicara badan amal hak asasi manusia Grant Liberty, mengatakan: “Penggambaran Arab Saudi sebagai masyarakat progresif hanyalah tipuan."

“Di balik keinginan Mohammed bin Salman untuk membangun Neom, yang disebut 'Vegas dari Timur Tengah', adalah pelecehan yang sangat nyata terhadap warga Saudi pemberani yang berani mengambil sikap melawan rezim dan menyerukan pelanggaran hak asasi manusia yang masih terjadi," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)