Desainer Indonesia Disebut-sebut Terlibat Perdagangan Organ Manusia

Kamis, 24 Februari 2022 - 06:40 WIB
loading...
Desainer Indonesia Disebut-sebut Terlibat Perdagangan Organ Manusia
Desainer Indonesia disebut-sebut terlibat perdagangan organ manusia. Foto/Ilustrasi
A A A
BRASILIA - Pihak kepolisian Brasil melakukan penggerebekan dalam rangka operasi anti perdagangan manusia di Universitas Negeri Amazonas (UEA), di kota Manaus pada Selasa pagi waktu setempat. Dalam operasi tersebut, pihak berwenang Brasil menemukan sejumlah organ tubuh manusia.

Pihak berwenang Brasil menyatakan bahwa organ-organ itu untuk seorang desainer terkenal Indonesia yang menjual aksesoris dan pakaian menggunakan bahan-bahan dari human nature.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Polisi Federal Brasil, yang bertindak atas petunjuk dan menggerebek laboratorium anatomi universitas, organ-organ itu diawetkan oleh seorang profesor anatomi menggunakan metode yang dikenal sebagai plastinasi — yang menggantikan cairan dan lemak tubuh dengan bahan-bahan seperti silikon dan epoksi untuk mengawetkan mereka.

Desainer Indonesia Disebut-sebut Terlibat Perdagangan Organ Manusia

sumber: twitter/@nauzilacampos

“Laboratorium anatomi universitas setempat melakukan ekstraksi cairan tubuh,” bunyi pernyataan polisi.

“Ada indikasi bahwa paket berisi tangan dan tiga plasenta asal manusia dikirim dari Manaus ke Singapura,” sambung pernyataan itu seperti dilansir dari Vice, Kamis (24/2/2022).

Berbicara kepada Vice melalui panggilan telepon terenkripsi, seorang petugas polisi federal di Brasil mengkonfirmasi poin yang dibuat dalam pernyataan itu dan mengatakan bahwa organ-organ itu, menuju Singapura, telah meninggalkan pantai Brasil. Masih belum jelas apakah paket yang berisi organ manusia itu telah berhasil dicegat.

Panggilan telepon ke pihak universitas tidak dijawab, tetapi para pejabat melaporkan bahwa seorang anggota staf telah diskors setelah operasi "pencarian dan penyitaan" polisi.



Profesor itu sekarang sedang diselidiki, dengan pihak berwenang menentukan apakah kejahatan perdagangan internasional organ manusia telah terjadi, suatu tindakan yang membawa hukuman penjara hingga delapan tahun di Brasil.

"Rektorat Universitas Amazonas mematuhi perintah pengadilan dan menentukan pembukaan penyelidikan untuk menyelidiki fakta dan tanggung jawab," bunyi pernyataan dalam bahasa Portugis.

Perdagangan organ tubuh manusia yang mengganggu di pasar gelap sangat luas, canggih, dan sangat menguntungkan. Meskipun perdagangan organ tetap ilegal di hampir setiap negara — Iran menjadi pengecualian yang menonjol — spesifikasi undang-undangnya berbeda, memperumit penuntutan jika melibatkan lebih dari satu negara, menurut laporan pencegahan kejahatan yang dilakukan oleh pengawas global dan badan-badan seperti PBB.

Di Brasil, pembelian dan penjualan organ tubuh manusia merupakan kejahatan negara yang dapat dihukum oleh hukum. Sebuah kasus yang terjadi pada tahun 2011 menyaksikan tiga dokter Brasil didakwa dengan pembunuhan dan dipenjara karena membunuh pasien di sebuah klinik swasta kelas atas di Sao Paulo setelah mengeluarkan ginjal mereka dan mempersiapkan organ mereka untuk transportasi.



Dalam kasus paket tujuan Singapura, penerima bagian tubuh yang diduga adalah influencer dan perancang busana terkenal asal Indonesia berinisial AP, yang menjadi terkenal pada tahun 2020 ketika ia membuat tas tangan yang terbuat dari tulang manusia. Saat itu ia mengklaim mendapatkannya “secara etis ” dan “bersumber secara medis dari Kanada dengan kertas.”

AP sempat memicu kemarahan setelah mengenakan pakaian ormas kepemudaan di di Paris Haute Couture Week.

Vicetelah menghubungi otoritas perbatasan Singapura dan AP untuk memberikan komentar tentang tuduhan perdagangan organ tubuh manusia, tetapi mereka tidak menanggapi hingga berita ini diterbitkan.

Dalam percakapan singkat dengan Vice pada bulan Januari, AP sebelumnya mengatakan bahwa dia akan bepergian ke Singapura pada bulan Februari untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Dia tidak menanggapi pertanyaan lanjutan seputar kunjungannya di bulan Februari.



Saat di cek di akun Instagramnya juga menunjukkan akun yang sebelumnya terbuka untuk publik kini telah terkunci.

Penggunaan darah, daging, organ, dan tulang manusia yang mengerikan bukanlah hal baru di dunia seni. Beberapa seniman telah menimbulkan kemarahan selama bertahun-tahun, termasuk seniman Inggris Anthony-Noel Kelly, yang ketertarikannya pada bagian tubuh manusia membuatnya secara ilegal menyelundupkan sisa-sisa manusia untuk karyanya, yang membuatnya dipenjara sembilan bulan.

Pada tahun 2007, seniman terkemuka asal Inggris Damien Hirst membuat cetakan platinum tengkorak manusia yang bertatahkan berlian, dan menampilkan gigi manusia asli, untuk karya provokatif yang disebutnya, Demi Kasih Tuhan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)