Konsentrasi Persenjataan Rusia Dekat Perbatasan Ukraina Meningkat

Kamis, 24 Februari 2022 - 02:05 WIB
loading...
Konsentrasi Persenjataan Rusia Dekat Perbatasan Ukraina Meningkat
Gambar satelit menunjukkan rumah sakit lapangan baru yang telah dibangun di lokasi militer dekat Belgorod, Rusia. Foto/CNN/Maxar Technologies
A A A
WASHINGTON - Ada indikasi bahwa Rusia terus memusatkan pasukannya di sepanjang perbatasan dengan Ukraina , meskipun ada pernyataan dari Moskow lebih dari seminggu yang lalu bahwa banyak unit akan kembali ke pangkalan permanen mereka setelah latihan.

Video media sosial yang di-geolokasi dan dianalisis oleh CNN selama beberapa hari terakhir menunjukkan penumpukan kendaraan lapis baja dan pendukungnya yang terus berlanjut di dua wilayah: di sekitar kota Belgorod Rusia dan kota Valuyki. Keduanya berada dalam jarak 30 kilometer dari perbatasan timur laut Ukraina, di luarnya terletak kota besar Kharkiv, Ukraina.

Lusinan tank stasioner dan howitzer — bersama dengan kendaraan lapis baja lainnya — dapat diamati di ladang dekat Belgorod. Video lain menunjukkan barisan panjang tank dan kendaraan tempur infanteri yang diparkir di samping jalan antara Belgorod dan perbatasan Ukraina.



Beberapa formasi tampak jauh lebih besar daripada yang diamati minggu lalu. Beberapa unit telah bergerak di malam hari, menurut video dari daerah Belgorod seperti dilansir dari kantor berita yang berbasis di AS itu, Kamis (24/2/2022).

Selain itu, citra satelit terbaru menunjukkan bahwa di sebelah barat Belgorod, sebuah rumah sakit lapangan baru telah dibangun di lokasi militer. Di barat daya kota, pasukan dan peralatan tambahan terlihat dalam citra satelit.

Ambulans dan transportasi militer Rusia juga telah diidentifikasi di daerah dekat perbatasan Ukraina, seperti yang terlihat dalam video yang diposting ke media sosial yang dapat diautentikasi dan geolokasi oleh CNN.



Dalam salah satu video, ambulans terlihat ditempatkan di daerah berhutan dekat sebuah taman di Shebekino, Rusia, kurang dari lima mil dari perbatasan Ukraina.

Ambulans juga terlihat bergerak sebagai bagian dari konvoi di daerah Kursk, dalam jarak 50 mil dari perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)