Lima Negara yang Punya Banyak Dukun Selain Indonesia

Minggu, 20 Februari 2022 - 20:42 WIB
loading...
Lima Negara yang Punya Banyak Dukun Selain Indonesia
Lima Negara yang Punya Banyak Dukun Selain Indonesia. FOTO/merriam-webster.com
A A A
JAKARTA - Dukun atau dikenal dengan sebutan ‘orang pintar’ tentu tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat melibatkan dukun secara langsung, atau minta bantuannya dan memanfaatkan jasanya.

Tak dapat dipungkiri, meskipun kita hidup di era modern, masih ada sebagian masyarakat yang tetap mempercayai dukun sebagai penolong untuk menuntaskan masalah terkait jodoh, karir, penyembuh penyakit, pelaris dagangan, pengatur cuaca dan hasil pertanian, dan sebagainya.

Namun, tahu kah Anda terdapat sejumlah negara yang juga punya banyak dukun, seperti Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini negara yang punya banyak dukun selain Indonesia.

Baca: Polisi Buru Dukun Pelaku Kekerasan pada Wanita Pakistan

1. Kongo
Penduduk Kongo yang memiliki ilmu hitam, baik secara turun temurun maupun hasil dari belajar merupakan hal yang ilegal di negara ini. Kehadiran mereka dianggap sebagai ancaman dan akan diburu untuk kemudian dibunuh agar berhenti melakukan sihir ini. Tak jarang dalam kejadian ini banyak orang tak bersalah, anak kecil serta perempuan yang menjadi korban.

2. Kamerun
Warga Kamerun Kamerun pernah digegerkan dengan sebuah kasus perempuan berusia 16 tahun yang menggugurkan kandungannya dengan menenggak cairan beracun. Diketahui cairan beracun tersebut diberikan oleh seorang dukun. Sejak saat itu, masyarakat pun menentang praktik dukun yang dianggap meresahkan.

Baca: Viral, Ritual Tangkal Banjir Dukun Malaysia Bawa Alquran Dianggap Hina Islam

3. Afrika Selatan
Di Afrika Selatan banyak terjadi praktik ilmu sihir. Masyarakat pun tak segan untuk menghukum warga yang tertangkap basah melakukan praktik sihir. Hukuman Yang di berikan yakni dibakar secara hidup-hidup.

4. India
Praktik ilmu sihir dan perdukunan marak terjadi di India. Bahkan sejak tahun 2008 hingga 2013, terdapat 700 wanita yang dibunuh akibat tertangkap basah melakukan praktik ilmu hitam. Mereka mempelajari ilmu hitam tersebut untuk mencuri barang.

Baca: Penipuan Modus Penggandaan Uang, 2 Dukun Gadungan Raup Rp715 Juta

5. Kenya
Di Kenya, setidaknya 11 orang telah dibakar hidup-hidup pada tahun 2008 lantaran kedapatan melakukan praktik ilmu sihir. Lima tahun berselang, seorang perempuan diarak dan ditelanjangi karena kasus serupa. Selain itu, pada tahun 2013 juga seorang pria dibakar dan disaksikan oleh publik karena praktik ilegal.

(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2366 seconds (10.177#12.26)