Biden Yakin Putin telah Putuskan Menyerang Ukraina, Serbu Ibu Kota

Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:27 WIB
loading...
Biden Yakin Putin telah Putuskan Menyerang Ukraina, Serbu Ibu Kota
Tank-tank Rusia dikerahkan untuk memperkuat wilayah perbatasan dekat Ukraina. Foto/TASS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden "yakin" Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan menyerang Ukraina, termasuk serangan di ibu kota.

Pernyataan Biden itu muncul pada Jumat (18/2/2022), ketika ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan militer. Barat sebelumnya menyebut operasi "bendera palsu" akan dilancarkan Rusia sebagai dalih untuk invasi Ukraina.

Dalam perkembangan terbaru, satu konvoi kemanusiaan terkena tembakan, dan pemberontak pro-Rusia mengevakuasi warga sipil dari zona konflik.



Satu bom mobil menghantam kota timur Donetsk, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.



Setelah beberapa pekan mengatakan AS tidak yakin apakah Putin telah membuat keputusan akhir untuk menyerang Ukraina, Biden menjelaskan penilaian itu telah berubah, mengutip intelijen Amerika.



“Sampai saat ini saya yakin dia telah membuat keputusan. Kami punya alasan untuk percaya itu,” papar Biden, dilansir Associated Press (AP).

Biden menegaskan serangan itu bisa terjadi dalam “beberapa hari mendatang.”

Sementara itu, Kremlin mengumumkan latihan nuklir besar-besaran untuk melenturkan otot militernya.

Putin berjanji melindungi kepentingan nasional Rusia dari apa yang dilihatnya sebagai ancaman Barat yang melanggar batas.

Biden mengulangi ancamannya terhadap sanksi ekonomi dan diplomatik besar-besaran terhadap Rusia jika Moskow menyerang Ukraina.

Presiden AS itu menekan Putin untuk memikirkan kembali tindakannya. Dia mengatakan AS dan sekutu Baratnya lebih bersatu dari sebelumnya untuk memastikan Rusia membayar harga untuk invasi tersebut.

Dengan sekitar 150.000 tentara Rusia ditempatkan di sekitar perbatasan Ukraina, para pejabat AS dan Eropa memperingatkan konflik separatis yang telah berlangsung lama di Ukraina timur dapat memicu serangan yang lebih luas.

Sebagai indikasi lebih lanjut bahwa Moskow sedang mempersiapkan invasi potensial, seorang pejabat pertahanan AS mengatakan sekitar 40% hingga 50% dari pasukan darat Rusia yang dikerahkan di sekitar perbatasan Ukraina telah pindah ke posisi serangan di dekat perbatasan.

“Pergeseran itu telah berlangsung selama sekitar satu pekan,” papar pejabat lain.

Meski demikian, itu tidak berarti Putin telah memutuskan memulai invasi. Pejabat pertahanan itu berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian internal militer AS.

Pejabat itu juga mengatakan jumlah unit darat Rusia yang dikenal sebagai kelompok taktis batalion yang ditempatkan di daerah perbatasan telah bertambah sebanyak 125 unit, naik dari 83 unit dua pekan lalu. Setiap kelompok taktis batalyon memiliki 750 hingga 1.000 tentara.

Jalur komunikasi tetap terbuka. Kepala pertahanan AS dan Rusia berbicara pada Jumat, dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyerukan de-eskalasi, kembalinya pasukan Rusia di sekitar Ukraina ke pangkalan mereka dan resolusi diplomatik, menurut Pentagon.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sepakat bertemu pekan depan.

Kekhawatiran langsung terfokus pada Ukraina timur, di mana pasukan Ukraina memerangi pemberontak pro-Rusia sejak 2014 dalam konflik yang telah menewaskan sekitar 14.000 orang.

Satu bom menghantam mobil di luar gedung utama pemerintah di kota besar timur Donetsk, menurut seorang wartawan Associated Press di sana.

“Kepala pasukan separatis, Denis Sinenkov, mengatakan mobil itu miliknya,” ungkap laporan kantor berita Interfax.

Tidak ada laporan tentang korban dan tidak ada konfirmasi independen tentang keadaan ledakan itu. Orang-orang berseragam memeriksa mobil yang terbakar itu.

Penembakan biasa terjadi di sepanjang garis yang memisahkan pasukan Ukraina dan pemberontak Donbass, tetapi kekerasan yang ditargetkan tidak biasa terjadi di kota-kota yang dikuasai pemberontak seperti Donetsk.

Namun, ledakan dan evakuasi yang diumumkan itu sejalan dengan peringatan AS tentang apa yang disebut serangan bendera palsu yang akan digunakan Rusia untuk membenarkan invasi.

Menambah ketegangan, dua ledakan mengguncang kota Luhansk yang dikuasai pemberontak pada Sabtu pagi.

Pusat Informasi Luhansk mengatakan salah satu ledakan terjadi di pipa gas alam dan mengutip saksi mata yang mengatakan ledakan lainnya terjadi di stasiun layanan kendaraan.

Tidak ada laporan segera tentang korban atau penyebab ledakan. Pejabat Luhansk menyalahkan ledakan utama gas awal pekan ini pada sabotase.

Separatis di wilayah Luhansk dan Donetsk yang menjadi jantung industri Ukraina, Donbass, mengatakan mereka sedang mengevakuasi warga sipil ke Rusia.

Pengumuman itu tampaknya menjadi bagian dari upaya Moskow melawan peringatan Barat tentang invasi Rusia dan sebagai gantinya menggambarkan Ukraina sebagai agresor.

Kepala pemerintah Republik Rakyat Donetsk Denis Pushilin mengatakan perempuan, anak-anak dan orang tua akan mengungsi lebih dulu, dan Rusia telah menyiapkan fasilitas untuk mereka.

Pushilin menuduh dalam pernyataan video bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan memerintahkan serangan yang akan segera terjadi di daerah tersebut.

“Metadata dari dua video yang diposting oleh separatis yang mengumumkan evakuasi menunjukkan bahwa file tersebut dibuat dua hari lalu,” ungkap laporan The Associated Press.

Pihak berwenang AS telah menuduh kampanye disinformasi Kremlin dapat mencakup video yang direkam sebelumnya.

Pihak berwenang mulai memindahkan anak-anak dari panti asuhan di Donetsk, dan penduduk lainnya naik bus ke Rusia. Antrean panjang terbentuk di SPBU karena semakin banyak penduduk yang mengungsi sendiri.

Putin memerintahkan menteri daruratnya untuk terbang ke wilayah Rostov yang berbatasan dengan Ukraina untuk membantu mengatur eksodus.

Putin meminta pemerintah memberi 10.000 rubel (sekitar USD130) kepada setiap pengungsi, setara dengan sekitar setengah dari gaji bulanan rata-rata warga di wilayah Donbass.

Ukraina membantah merencanakan serangan apa pun. “Kami berkomitmen penuh hanya untuk resolusi konflik diplomatik,” cuit Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba.

“Di sekitar jalur kontak yang bergejolak, konvoi kemanusiaan PBB berada dalam serangan pemberontak di wilayah Luhansk,” papar kepala militer Ukraina.

Tidak ada korban yang dilaporkan. Pemberontak membantah terlibat dan menuduh Ukraina melakukan provokasi.

Otoritas separatis melaporkan lebih banyak penembakan oleh pasukan Ukraina di sepanjang garis itu.

Gelombang penembakan pada Kamis merobek dinding taman kanak-kanak, melukai dua orang, dan komunikasi dasar terganggu. Kedua belah pihak saling menuduh melepaskan tembakan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan ancaman terhadap keamanan global "lebih kompleks dan mungkin lebih tinggi" daripada selama Perang Dingin.

Dia mengatakan kepada konferensi Munich bahwa kesalahan kecil atau miskomunikasi antara negara-negara besar dapat memiliki konsekuensi bencana.

Rusia mengumumkan pekan ini bahwa mereka menarik kembali pasukan dari latihan militer besar-besaran, tetapi para pejabat AS mengatakan mereka tidak melihat tanda-tanda mundur. AS malah melihat lebih banyak pasukan bergerak menuju perbatasan dengan Ukraina.

Sementara itu, Gedung Putih dan Inggris secara resmi menuduh Rusia bertanggung jawab atas serangan siber baru-baru ini yang menargetkan kementerian pertahanan Ukraina dan bank-bank besar. Pengumuman itu adalah atribusi paling tajam dari tanggung jawab atas intrusi siber.

Juga pada Jumat, pemerintah AS merilis perkiraan baru tentang berapa banyak personel militer yang dimiliki Rusia di dan sekitar Ukraina.

Dikatakan ada antara 169.000 dan 190.000 personel, naik dari sekitar 100.000 tentara pada 30 Januari, menurut Michael Carpenter, perwakilan tetap AS untuk Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa.

Perkiraan baru termasuk pasukan militer di sepanjang perbatasan, di Belarusia dan di Krimea yang diduduki, serta Garda Nasional Rusia dan unit keamanan internal lainnya, dan pasukan yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Separatis di Ukraina, Garda Nasional, dan pasukan di Krimea tidak termasuk dalam perkiraan AS sebelumnya sebanyak 150.000 orang.

Kremlin mengirim pengingat kepada dunia tentang kekuatan nuklirnya, mengumumkan latihan kekuatan nuklirnya untuk akhir pekan.

Putin akan memantau langsung latihan militer Sabtu yang akan melibatkan beberapa latihan peluncuran rudal.

Ditanya tentang peringatan Barat tentang kemungkinan invasi Rusia pada Rabu yang tidak terwujud, Putin mengatakan, "Ada begitu banyak klaim palsu, dan terus-menerus bereaksi terhadap mereka lebih banyak masalah daripada nilainya."

"Kami melakukan apa yang kami anggap perlu dan akan terus melakukannya. Kami memiliki tujuan yang jelas dan tepat sesuai dengan kepentingan nasional,” tegas Putin.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)