Konflik Sudah Pecah, Ukraina Mengaku Belum Perintahkan Serangan Donbass

Sabtu, 19 Februari 2022 - 10:36 WIB
loading...
Konflik Sudah Pecah, Ukraina Mengaku Belum Perintahkan Serangan Donbass
Tentara menyiapkan artileri di Kherson, Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina (NSDC) Alexey Danilov menyatakan tidak ada perintah untuk "pembebasan" militer di Donbass, pada Jumat (18/2/2022).

Pernyataan itu muncul ketika wilayah Donetsk dan Lugansk mulai mengevakuasi warga sipil ke Rusia dengan alasan ancaman serangan Ukraina.

“Saya dapat memberi tahu Anda bahwa tidak ada perintah untuk membebaskan wilayah kami dengan paksa,” ujar Danilov, dilansir RT.com pada Jumat (18/2/2022).



Dia menambahkan, “Kiev sadar bahwa operasi semacam itu akan mengakibatkan korban besar di antara warga sipil, jadi pihak kami tidak mungkin memberikan perintah seperti itu."



Dia juga menuduh Rusia menyebarkan disinformasi tentang serangan yang akan datang untuk memprovokasi "tanggapan yang mereka inginkan" dari Ukraina.



“Pasukan Ukraina akan melepaskan tembakan hanya jika mereka dalam bahaya,” tegas Danilov.

Danilov berbicara setelah pertemuan NSDC pada Jumat malam, yang dihadiri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Menteri Pertahanan Alexey Reznikov, komandan militer Jenderal Valery Zaluzhny, dan Menteri Reintegrasi Wilayah Pendudukan Sementara Irina Vereshchuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)