Invasi Rusia Tidak Terbukti, Presiden Ceko: Blunder Terbaru CIA

Kamis, 17 Februari 2022 - 17:21 WIB
loading...
A A A
“Saya tidak bertanya kepada CIA sumber informasi apa yang dimilikinya. Tapi berdasarkan tiga kasus yang saya sebutkan, saya meragukan kualitas sumber-sumber tersebut,” ujarnya.



Dia meramalkan bahwa tidak akan ada perang Rusia-Ukraina, dengan alasan bahwa Moskow tidak memiliki banyak kemenangan dan akan banyak kerugian, jika itu terjadi. Semacam konflik perbatasan yang melibatkan wilayah Donbas yang memisahkan diri di Ukraina mungkin terjadi, tetapi bukan perang skala penuh, ia percaya.

Dia juga menolak gagasan bahwa Rusia membatalkan agresinya karena pencegahan yang dilakukan oleh AS dan sekutunya, dengan mengatakan dia melihat alasan seperti itu sebagai upaya AS "untuk menutupi rasa malu" karena terbukti salah lagi.

Zeman, yang dianggap "pro-Rusia" oleh banyak pengamat, mempertanyakan klaim yang dibuat tentang dugaan niat agresif dan kegiatan memfitnah Moskow pada banyak kesempatan. Terutama, dia secara terbuka meragukan dinas intelijen negaranya sendiri, ketika mereka menuduh Rusia meledakkan gudang amunisi Ceko pada tahun 2014 – diduga untuk memotong pasokan senjata rahasia ke Ukraina. Zeman mengatakan dia tidak diperlihatkan bukti yang meyakinkan untuk membuktikan klaim tersebut.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)