Tak Mau Ganggu Rusia, Israel Tolak Jual Sistem Rudal Iron Dome ke Ukraina

Rabu, 16 Februari 2022 - 04:27 WIB
loading...
A A A
Amandemen tersebut mengharuskan Pentagon untuk menyerahkan laporan kepada Kongres yang menguraikan opsi untuk potensi penjualan atau transfer "sistem senjata yang ada" ke Ukraina.

Menurut Politico, AS membeli dua baterai sistem pertahanan rudal Iron Dome dari Rafael Defense Industries, yang saat ini sedang dipersiapkan untuk beroperasi tahun depan.

Sistem itu tidak terintegrasi ke dalam pertahanan anti-rudal AS.

Ini, seperti dikutip Ynet, Rabu (16/2/2022), menempatkan Israel dalam posisi yang rumit karena bila menuruti permintaan AS untuk memasok Ukraina dengan teknologi akan berisiko konfrontasi dengan Rusia.

Israel memberi tahu pemerintah AS dalam pembicaraan tidak resmi, bahwa mereka tidak dapat menyetujui langkah seperti itu mengingat hubungannya dengan Moskow.

Ukraina kemudian mendekati pemerintah Perdana Menteri Naftali Bennett secara langsung. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan kepada Kan Public Broadcasting dalam sebuah wawancara awal bulan ini tentang keinginan pemerintahnya untuk membeli sistem pertahanan Iron Dome Israel serta sistem rudal Patriot AS.

Washington diyakinkan oleh argumen Israel dan kemungkinan juga menolak penjualan sistem misil Patriot.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)