Eropa Timur Persiapkan Tempat Pengungsian Jika Konflik Rusia-Ukraina Meletus

Selasa, 15 Februari 2022 - 00:30 WIB
loading...
Eropa Timur Persiapkan Tempat Pengungsian Jika Konflik Rusia-Ukraina Meletus
Ilustrasi
A A A
WARSAWA - Negara-negara di Eropa Timur sedang membuat persiapan untuk kemungkinan ratusan ribu orang melarikan diri dari Ukraina jika krisis dengan Rusia meningkat. Beberapa kota di Polandia sudah mendaftarkan tempat yang tersedia dan Rumania mempertimbangkan kamp-kamp pengungsi.

Kenangan tentang Tirai Besi dan pengaruh Soviet masih sangat hidup di sisi timur Uni Eropa, di mana orang-orang waspada terhadap ketidakstabilan apa pun yang dapat menghantam ekonomi mereka dan melepaskan gelombang migrasi yang terakhir terlihat pada 1990-an selama pecahnya Yugoslavia.



Rusia memiliki lebih dari 100.000 tentara yang berkumpul di dekat Ukraina dan Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa serangan dapat dimulai dalam beberapa hari mendatang. Moskow sendiri menyangkal rencana semacam itu dan menuduh Barat menghidupkan histeria.

Meskipun demikian, pemerintah dan kota-kota di dekat perbatasan Ukraina, dari utara ke selatan, bersiap-siap untuk menerima pengungsi, jika diperlukan. Polandia adalah rumah bagi 1 hingga 2 juta orang Ukraina, yang sebagian besar datang ke negara itu untuk bekerja.

Di awal pekan ini, Polandia mengaku sedang mempersiapkan skenario terburuk. Menteri Luar Negeri Marcin Przydacz mengatakan kepada penyiar Katolik Radio Plus bahwa dia "bersiap untuk jumlah besar agar lebih siap".



Walikota kota Ciechanow di Polandia timur, yang berpenduduk sekitar 44.000, mengatakan, pihaknya siap menerima sekitar 80 pengungsi di sebuah hotel dalam waktu 48 jam, dengan biaya 140 zloty per malam termasuk makanan.

"Kami telah diyakinkan bahwa anggaran negara akan sepenuhnya menutupi biayanya," kata Krzysztof Kosinski kepada kantor berita Reuters.

Pada hari Minggu, kota utara Elblag mengatakan memiliki 420 tempat yang tersedia. Kota Torun di Polandia tengah mengatakan memiliki 96 tempat untuk pengungsi. Di selatan, kota Czestochowa mengatakan memiliki 1.100 tempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)