Sejarah Hari Valentine yang Aneh: Tradisi Penyiksaan dan Eksekusi Jadi Perayaan Cinta

Senin, 14 Februari 2022 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Cerita berlanjut bahwa, pada akhir liburan, para wanita yang dicambuk akan menaruh potongan papirus dengan nama mereka tertulis di atasnya dalam guci besar, dan bujangan kota yang layak secara biologis masing-masing akan memilih nama, menjadi "berpasangan" dengannya selama satu tahun—yang terkadang akan berakhir dengan pernikahan jika semuanya berjalan lancar.

Namun, pada akhir abad ke-5, Paus Gelasius I menyatakan 14 Februari sebagai Hari Santo Valentine, sebuah langkah untuk "meng-Kristen-kan" festival kesuburan tanpa membatalkannya sama sekali.

Siapa Santo Valentine?

Namun, mereka yang percaya bahwa Hari Valentine sebenarnya didedikasikan untuk SantoValentine bingung.

Menurut Catholic Encyclopedia, Gereja Katolik mengakui setidaknya tiga orang kudus yang disebut Valentine, dan semuanya menjadi martir.

Salah satu dari tiga Valentine adalah seorang pendeta Romawi abad ketiga. Santo Valentine kedua berasal dari Terni (Interamna saat itu), seorang uskup yang menjadi martir. Keduanya dieksekusi mati karena membantu orang Kristen pada saat sekte itu terus-menerus dilecehkan.

Santo Valentine ketiga diketahui menderita di Afrika, dan tidak ada rincian tentang hidupnya.

Legenda tentang Valentine—salah satu dari tiga yang akhirnya menjadi senama untuk liburan Hari Valentine—menyatakan bahwa kaisar Romawi pada akhirnya melarang pernikahan untuk pria muda karena keyakinannya bahwa pria lajang adalah pejuang yang lebih baik daripada mereka yang memiliki keluarga.

Cerita berlanjut bahwa Valentine menolak untuk patuh dan membantu tentara muda lainnya untuk menikah. Ketika sepak terjang Valentine ini diketahui, kaisar dilaporkan menjatuhkan hukuman mati padanya.

Cerita lain mengeklaim bahwa Valentine dieksekusi karena menemui seorang wanita muda yang dia kagumi, dengan beberapa orang percaya wanita itu adalah putri sipir penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)