7 Jet Tempur Terkuat yang Bakal dan Sudah Ramaikan Langit Asia Tenggara

Sabtu, 12 Februari 2022 - 02:22 WIB
loading...
7 Jet Tempur Terkuat yang Bakal dan Sudah Ramaikan Langit Asia Tenggara
Indonesia sepakat memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis. Jet tempur ini akan meramaikan langit Asia Tenggara bersama jet-jet tempur canggih lainnya. Foto/REUTERS Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Indonesia resmi memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis dan secara bersamaan pengajuan pembelian 36 unit jet tempur F-15 Amerika Serikat (AS) telah disetujui Washington.

Kehadiran mereka menambah daftar pesawat tempur terkuat yang akan mewarnai kekuatan udara di Asia Tenggara.

Berikut deretan jet tempur terkuat yang akan dan sudah dioperasikan negara-negara Asia Tenggara:

1. Jet Tempur Siluman F-35 (Singapura)

Singapura menjadi negara Asia Tenggara pertama yang membeli pesawat tempur siluman canggih Lockheed Martin Amerika Serikat ini. Pesawat tempur tersebut belum dikirim, namun nantinya akan menjadi kekuatan yang diperhitungkan oleh para tetangga Singapura.



Indonesia sebenarnya juga menginginkan jet tempur F-35, namun Amerika menolaknya. Thailand juga sedang berupaya memiliki jet tempur F-35, namun belum jelas apakah disetujui Amerika atau tidak.

2. Jet Tempur Rafale (Indonesia)

Indonesia resmi memesan 42 unit jet tempur Rafale Prancis, dengan 6 di antaranya akan diterima secara perdana. Indonesia menjadi negara kedua yang membeli jet tempur buatan Dassault Aviation Prancis ini dalam jumlah besar setelah India.

3. Jet Tempur Su-30MKM dan Su-30SM (Malaysia dan Myanmar)

Angkatan Udara Kerajaan Malaysia menjadi yang pertama di Asia Tenggara yang mengerahkan jet tempur generasi 4+ ketika menerima pengiriman pesawat tempur kelas berat Su-30MKM pertamanya pada tahun 2006. Ini menggantikan jet F-5E Tiger II yang sudah tua yang telah dipasok oleh AS.

Su-30MKM, pada saat itu, merupakan jet tempur paling canggih yang pernah diekspor Rusia, dan didasarkan pada Su-30MKI yang dikembangkan untuk Angkatan Udara India tetapi dengan sedikit perubahan pada avionik.

Su-30MKI/MKM adalah pengembangan radikal dari desain asli Su-27 dan Su-30 Flanker, dan diuntungkan dari fitur yang pertama kali ditunjukkan pada prototipe Su-35 dan Su-37 termasuk tampilan kokpit digital penuh, radar susunan yang dipindai secara elektronik, mesin vector dorong, penggunaan material komposit yang lebih besar dan sistem peperangan elektronik modern dan misil standoff.

Pesawat tempur ini terus melampaui saingannya dari Barat dalam hal daya tahan serta kemampuan manuver, dan desain itu kemudian digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Su-30MKA untuk Angkatan Udara Aljazair dan Su-30SM untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut Rusia.

Pada tahun 2000-an, seperti dikutip Defense View, Jumat (11/2/2022), Su-30MKM adalah salah satu pesawat tempur paling cakap di dunia, dan 18 unit yang dikirim ke Malaysia memberikan kinerja tempur yang jauh lebih besar daripada gabungan semua aset udara negara lainnya. Pengabaian pemeliharaan pada semua unit tempur Malaysia, bagaimanapun, berarti bahwa negara tersebut kemudian berjuang untuk menjaga pesawat tetap terbang di tahun 2010-an yang merupakan masalah yang juga dihadapi oleh jet MiG-29 dan F-18 yang lebih ringan.

Su-30SM yang di-upgrade saat ini dipesan oleh Angkatan Udara Myanmar, upgrade utamanya adalah integrasi avionik superior dan yang terpenting radar N011M Bars dengan jangkauan deteksi 400km yang diperluas dan akses ke rudal R-37M dan SAP-518 yang lebih modern.

4. Jet Tempur F-15SG (Singapura)

Kontrak untuk akuisisi 40 unit pesawat tempur F-15SG menjadikan Angkatan Udara Singapura klien ekspor kelima dunia untuk F-15 Eagle setelah Israel, Jepang, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Varian yang dikembangkan untuk Angkatan Udara negara kota itu jauh lebih canggih dalam sensor dan avioniknya dan varian produksi serial pertama yang menggunakan radar active electronically scaned array (AESA). Ini memberikan kemampuan dan penanggulangan peperangan elektronik yang unggul, signature radar yang lebih rendah, dan kesadaran situasional yang unggul.

F-15, yang juga akan dimiliki Indonesia, dianggap sebagai pesawat tempur paling mampu yang digunakan oleh Angkatan Udara Barat selama Perang Dingin, dan pembatasan ekspor pada desain dilonggarkan pada tahun 2000-an setelah induksi penggantinya F-22 Raptor ke teknologi Angkatan Udara AS kurang sensitif.

Pesawat tempur ini memiliki daya tahan tinggi dan membawa suite sensor besar, meskipun masih lebih rendah dalam kedua kasus daripada Su-30, dan kemajuan yang dibuat untuk kontrak Singapura berfungsi sebagai batu loncatan untuk modernisasi lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Arab Saudi, Qatar, dan akhirnya AS yang melanjutkan pesanan F-15 setelah berhenti selama 17 tahun pada 2018.

5. Jet Tempur Su-30MK2/MK (Vietnam dan Indonesia)

Berbeda dengan Su-30MKM/SM yang diproduksi di Irkutsk Aviation Plant, Su-30MK2 dikembangkan sebagai bagian dari keluarga pesawat tempur yang terpisah di Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant, yang setelah tahun 2009 diubah menjadi produksi Su-35S untuk Angkatan Udara Rusia.

Pesawat tempur ini berasal dari Su-30MKK custom yang dikembangkan untuk Angkatan Udara China, dan Angkatan Laut China menjadi klien pertamanya pada 2004.

Pesawat ini dioptimalkan dengan baik untuk peran serangan maritim dengan avionik canggih terutama untuk komando, kontrol, komunikasi, komputer, intelijen, pengawasan, akuisisi target dan kemampuan pengintaian.

Pesawat tempur tersebut akan diakuisisi oleh Vietnam dan Indonesia yang masing-masing memiliki 35 dan 9 unit, dengan yang terakhir juga menurunkan dua pesawat tempur Su-30MK yang lebih tua.

Pesawat tempur ini mendapat manfaat dari karakteristik jarak jauh, kinerja penerbangan tinggi dan sensor kuat dari desain Su-30 dan dilengkapi dengan berbagai persenjataan modern seperti rudal anti-kapal Kh-31 Mach 3 dan rudal anti-pesawat R-77.

Kemampuannya masih jauh lebih rendah daripada Su-30MKM dan Su-30SM yang lebih mahal yang menyimpang lebih radikal dari desain dasar Su-30.

6. Jet Tempur Su-27SK (Vietnam dan Indonesia)

Secara luas dianggap sebagai pesawat tempur paling mampu untuk bertugas di Angkatan Udara mana pun selama Perang Dingin, Su-27 Flanker pertama kali memasuki layanan pada tahun 1985 dan dirancang untuk mengungguli F-15 Eagle Angkatan Udara AS.

Pesawat tempur ini banyak diekspor selama tahun 1990-an dan di Asia Tenggara saat ini dioperasikan oleh Vietnam dan Indonesia yang masing-masing memiliki sebelas dan lima pesawat tempur dari varian Su-27SK yang lebih tua.

Angkatan Udara Indonesia pada pertengahan 1990-an ditetapkan untuk menjadi salah satu klien terbesar di dunia untuk pesawat Su-27 Flanker, dengan rencana diumumkan untuk armada lebih dari 100 unit jet ini untuk membentuk dasar armada modern di tengah ketegangan tinggi dengan Kekuatan Barat atas konflik di Timor Timur atau Timor Leste.

Anggaran pertahanan negara yang terbatas, tekanan Barat, dan kurangnya perencanaan akuisisi jangka panjang mengakhiri prospek kesepakatan semacam itu. Meskipun tangguh untuk masanya, Su-27 semakin dianggap ketinggalan zaman terutama varian tahun 1990-an yang menua di Asia Tenggara, dengan persenjataan, avionik dan sensor.

Pesawat tempur ini tetap mampu dengan usia radarnya yang diimbangi dengan ukurannya yang tipis, dan rudal R-27-nya masih mempertahankan jangkauan serangan di atas rata-rata 130 km meskipun penanggulangan peperangan elektronik mereka sudah ketinggalan zaman.

7. Jet Tempur MiG-29SE/SM (Myanmar)

Pesawat tempur kelas menengah MiG-29 telah menjadi salah satu ekspor paling populer Rusia di bidang penerbangan tempur. Meskipun dihargai karena biaya operasionalnya yang rendah dan kinerja penerbangan yang mengesankan, pesawat ini kurang populer di Asia Tenggara sebagian besar karena daya tahannya yang rendah dan jarak tempuh yang luas yang biasanya harus dilalui oleh pesawat tempur di wilayah tersebut.

Pesawat tempur ini dirancang untuk dapat mengungguli pesawat tempur F-16 dan F-18 Amerika selama Perang Dingin, dan bahkan varian yang paling tua pun telah terbukti mampu menantang F-15 yang jauh lebih berat dalam pertempuran udara ke udara.

MiG-29 saat ini menjadi tulang punggung Angkatan Udara Myanmar dengan perkiraan 27 unit dalam pelayanan, 16 unit di antaranya adalah varian MiG-29SE dan SM yang dimodernisasi.

Ini jauh lebih mampu daripada MiG-29N yang diterjunkan oleh Angkatan Udara Malaysia, dan mendapat manfaat dari komputer baru dan kontrol penerbangan, sistem peperangan elektronik L-203BE Gardeniya-1 dan muatan senjata yang lebih besar dibandingkan varian yang lebih lama.

Pesawat tempur ini juga membanggakan radar Phazotron N019M yang menyediakan kemampuan multiperan yang tidak dimiliki MiG-29 yang lebih tua.

Meskipun masih tangguh menurut standar regional, kinerja MiG-29 Myanmar tetap rendah dibandingkan dengan varian modern seperti MiG-29M atau MiG-29K Angkatan Laut India yang menggunakan desain badan pesawat pasca-Perang Dingin yang sangat berbeda.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)