Viral, Tentara-tentara Cantik Ukraina Berlatih untuk Lawan Pasukan Putin

Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:13 WIB
loading...
Viral, Tentara-tentara Cantik Ukraina Berlatih untuk Lawan Pasukan Putin
Para tentara cantik Ukraina latihan militer untuk melawan pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin jika perang benar-benar pecah. Foto/via news.com.au
A A A
KIEV - Tentara-tentara cantik Ukraina berlatih untuk melawan pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin jika perang pecah setiap saat. Aksi mereka yang viral di TikTok sebagai upaya untuk memenangkan perang propaganda "kekuatan lunak" dengan Moskow.

Salah satu video menunjukkan para tentara wanita berseragam militer Ukraina menari, bermain-main di barak, dan bahkan membongkar dan merakit kembali senjata.

Video lain menunjukkan sekelompok tentara wanita muda menirukan lagu sambil mengenakan seragam militer dengan bendera Ukraina dan lencana militer. Latihan militer mereka juga diunggah di TikTok dengan pose-pose memikat.

Iryna Greytsarovska, tentara wanita yang memiliki lebih dari 3.000 pengikut dan 27.000 like, mengatakan dalam bio TikTok-nya: “Ukraina di atas segalanya.”

Dia membagikan sejumlah video dirinya bernyanyi dan menari sambil mengenakan seragam militer Ukraina-nya.



Tentara lain dengan nama pendek Katiusha memamerkan sejumlah video glamor dari rekrutan dan rekan-rekannya dengan seragam lengkap, menari seksi dan berpatroli dengan riasan wajah penuh.

Akunnya dengan cepat berkembang menjadi hampir 30.000 pengikut dan hampir 500.000 like.

Video dan foto yang viral itu diduga berperan sebagai "kekuatan lunak" untuk Ukraina, dan menerima pujian yang bersinar di media Ukraina.

Sebuah video klip dari tentara Ukraina, Oleksandr Kolym, menari dengan iringan lagu "Queen Of The Night" Whitney Houston baru-baru ini menjadi viral, dengan komentar memuji semangat Ukraina yang tidak dapat dihancurkan dan mengungkapkan keyakinan bahwa Ukraina pasti akan menang.

Pemandangan itu bermunculan setelah Ukraina memperluas wajib militer untuk memasukkan semua wanita layak untuk dinas militer antara usia 18 dan 60 tahun ketika ancaman dari Rusia meningkat.

Dekrit dari Kementerian Pertahanan Ukraina pada Desember 2021 menyatakan jika terjadi perang besar, tentara wanita cadangan dapat dimobilisasi sebagai bagian dari tentara cadangan nasional untuk melayani dalam berbagai spesialisasi militer.

"Ini bukan tentang wajib militer setelah mencapai usia tertentu, seperti untuk pria," kata anggota Parlemen Ukraina, Oleksandra Ustinova, seperti dikutip The Sun, Jumat (11/2/2022).

“Dan mengingat lebih dari 122.000 tentara Rusia berada di perbatasan kita, keputusan itu tampaknya logis, tepat waktu, dan masuk akal.”

Berbicara kepada Coffee or Die Magazine, Ustinova mengatakan: “Ini mengirimkan sinyal kuat ke Moskow bahwa Ukraina siap untuk melawan."

“Meskipun kami berusaha untuk memperkenalkan tentara kontrak, dalam situasi saat ini, keputusan untuk mendidik sebanyak mungkin orang untuk memegang senjata dan siap untuk melayani tampaknya merupakan keputusan yang baik," paparnya.

Ketika hubungan antara Kiev dan Moskow tetap tegang, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss telah mengunjungi Rusia untuk memperingatkan sanksi jika tentara Vladimir Putin tidak mundur.

Dalam pertemuan bersama yang dingin dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow, Truss diolok-olok Lavrov dengan berujar bahwa dirinya "seperti berbicara dengan orang tuli".

Pada hari Senin, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengumumkan Inggris akan mengirim 350 tentara tambahan ke Polandia karena khawatir Rusia dapat menyerang Ukraina kapan saja.

Letnan Kolonel Ihor Bezogluk dari Brigade ke-72 Ukraina senang bahwa negaranya mendapatkan banyak dukungan dari negara lain.

“Kami sangat senang dengan semua dukungan dari seluruh dunia—terutama Inggris. Ini telah meningkatkan moral dan akan membuat orang Rusia berpikir," katanya.

“Apa pun yang akan membantu kami mempertahankan negara kami diterima dengan sangat baik dan rudal ini telah mengubah perang bagi kami," paparnya.

“Itu berarti kami bisa melawan Rusia dan tidak peduli berapa banyak dari mereka—sekarang kami memiliki cara untuk menghentikan armor mereka.”

Pekan lalu, warga sipil Ukraina menghadiri pelatihan militer terbuka di tengah kekhawatiran invasi yang akan segera terjadi.

Sebuah foto seorang wanita Ukraina berusia 59 tahun dengan kerudung memegang senjata kayu selama latihan militer menjadi viral awal bulan ini.

Pejabat Ukraina dan Barat khawatir akan ada serangan selama bulan depan, di mana serangkaian serangan dunia maya dan kilatan kekerasan terjadi di wilayah Donbas.

Donbas telah berperang sejak 2014 ketika separatis pro-Rusia berupaya untuk melepaskan diri dari Ukraina.

Kiev dan Moskow telah berseteru selama delapan tahun terakhir karena Rusia tidak menyukai fakta bahwa Ukraina semakin dekat dengan Barat.

Kedua negara bekas Soviet dulunya adalah sekutu-tetapi pemerintah Ukraina sekarang berusaha untuk mendekatkan hubungan Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa, bahkan berpotensi bergabung dengan NATO.

Presiden Rusia Vladimir Putin memandang upaya Kiev mendaftar menjadi anggota NATO sebagai ancaman langsung bagi Moskow.

Sementara itu, para pemimpin Ukraina telah mendesak rakyatnya untuk tidak panik ketika bayang-bayang invasi membayangi-tetapi mereka juga tidak mau mengambil risiko.

Taktik Rusia

Seperti dilaporkan media Jerman, Bild, sebuah dinas intelijen asing mengatakan telah mengumpulkan rincian "rencana pasca-perang" Rusia untuk Ukraina, yang katanya saat ini sedang dibahas di kalangan militer Rusia.

Meskipun Rusia belum menginvasi Ukraina, persiapan untuk skenario ini sudah berlangsung.

Menurut laporan itu, tentara Rusia berencana untuk mengepung kota-kota besar Ukraina setelah menghancurkan pasukan negara itu di lapangan.

Setelah itu, sel-sel tidur dinas rahasia yang sudah diselundupkan ke Ukraina, serta politisi lokal yang setia kepada Vladimir Putin, akan diaktifkan di kota-kota, sementara agen dinas rahasia akan menembus ke kota-kota.

Mereka, lanjut laporan itu, akan memiliki tugas membangun kepemimpinan pro-Rusia di kota-kota yang kemudian akan menyetujui penyerahan kepada "penjajah" Rusia.

Menurut laporan Bild, pasukan intelijen Rusia selanjutnya akan merebut fasilitas strategis, menghilangkan ancaman, merekrut mereka yang mau bekerja sama dan membangun kepemimpinan baru di kota-kota yang ditaklukkan.

Praktik ini akan digunakan di semua kota utama Ukraina sampai semuanya “secara damai” berada di bawah kendali Rusia.

Menyusul perebutan kota-kota Ukraina, laporan itu menyatakan, Putin berencana untuk mendirikan parlemen boneka di negara itu, yang disebut "People's Rada".

Ini akan menggantikan Parlemen Ukraina dan menyatakannya batal demi hukum.

Sumber dinas keamanan menyatakan: "People's Rada ini akan menjadi legislatif boneka Ukraina, dibumbui dengan apa yang disebut perwakilan yang sebelumnya dipilih oleh dinas rahasia Rusia."

Dari Parlemen palsu ini akan muncul "pemerintah backup" yang akan memerintah negara sesuai dengan keinginan Rusia.

Menurut dinas rahasia, ini akan memberikan kudeta "tampilan demokrasi dan perlindungan hukum".

Untuk mendorong melalui rencana semacam itu akan membutuhkan upaya propaganda besar-besaran oleh media Rusia di Ukraina dan Barat, sementara “para ahli” dan politisi pro-Rusia akan digunakan untuk membenarkan invasi dan pengambilalihan Ukraina.

Selanjutnya, akan mengikuti tahap tergelap dari dugaan rencana Putin-pemutusan perlawanan Ukraina biasa oleh pemerintah boneka.

Laporan tersebut menyatakan bahwa peran pemerintah adalah untuk menyatakan keadaan darurat dan, terutama mengancam, untuk mengimplementasikan rencana Rusia untuk mendirikan kamp di mana orang-orang Ukraina yang menunjukkan diri mereka tidak kooperatif akan diselesaikan.

Kamp-kamp penahanan aktivis pro-Ukraina diduga sudah direncanakan, dengan daftar siapa yang akan dikurung.

Dinas rahasia pro-Rusia yang baru didirikan kemudian akan membantu meneror penduduk Ukraina untuk mematahkan perlawanan negara itu, dengan menggunakan penindasan gerakan pro-demokrasi di Belarusia setelah pemilu curang tahun 2020 sebagai model potensial.

Diduga bahwa dinas keamanan Rusia, FSB, saat ini sedang melatih kelompok-kelompok pro-Rusia untuk ditempatkan di Ukraina dan bahwa Putin telah menugaskan mereka untuk merekrut politisi Ukraina dan melenyapkan penentang Kremlin.

Tujuan akhir dari invasi ini adalah menyerukan referendum nasional untuk menyerap Ukraina ke dalam Rusia.

Menurut laporan itu, "invasi skala penuh saat ini adalah skenario yang paling mungkin".

Pakar militer Robert Lee dari King's College London mengatakan kepada Bild: "Rusia mungkin akan memiliki sebagian besar angkatan bersenjata yang rencananya akan dikerahkan dalam seminggu dan kemudian dapat meningkatkan situasi dalam jangka pendek jika diinginkan".

Kedutaan Rusia telah membantah rencana semacam itu untuk menyerang dan mengambil alih Ukraina, dengan menyebut laporan itu "campuran spekulasi dan desas-desus yang aneh" yang pada dasarnya tidak dikomentari oleh kedutaan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)