Latihan Perang Rusia di Belarusia Menjadi Pesan untuk Ukraina

Kamis, 10 Februari 2022 - 15:22 WIB
loading...
Latihan Perang Rusia di Belarusia Menjadi Pesan untuk Ukraina
Rusia memulai latihan perang sepuluh hari di Belarusia. Menurut para pakar keamanan, manuver ini sebagai pesan kepada Ukraina dan Barat bahwa Moskow mampu merebut Kiev. Foto/BelTA via REUTERS
A A A
MINSK - Rusia memulai latihanperang 10 hari di Belarusia, Kamis (10/2/2022). Menurut para pakar keamanan, unjuk kekuatan ini dirancang untuk mengirim pesan kepada Ukraina dan Barat bahwa Moskow serius tentang potensi perang.

Pasukan dan perangkat keras Rusia mulai tiba di Belarusia pada pertengahan Januari, dengan sekitar 30.000 pasukan tempur diperkirakan akan berpartisipasi dalam latihan yang dikenal sebagai “Allied Resolve”.

Dua batalyon sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 dan 12 jet tempur Sukhoi Su-35 juga telah ditempatkan.

NATO menyebutnya sebagai pengerahan pasukan Rusia terbesar ke Belarusia sejak Perang Dingin. Itu terjadi ketika Moskow telah mengumpulkan puluhan ribu tentara dan perangkat keras militer di wilayah sekitar perbatasan Ukraina dan di Crimea yang kini menjadi wilayah Rusia.

"Fase aktif" latihan akan dimulai pada Kamis (10/2/2022) dan menandai gelombang terbaru dalam aktivitas militer selama kebuntuan dengan Barat mengenai Ukraina ketika para pemimpin Barat melanjutkan upaya diplomatik untuk meredakan situasi.



Diperkirakan bahwa Allied Resolve akan mencakup manuver kekuatan udara dan pasukan darat skala besar untuk mensimulasikan serangan dari negara NATO terdekat.

AS dan NATO telah memperingatkan bahwa latihan tersebut dapat digunakan sebagai tabir asap untuk serangan nyata atau upaya untuk merebut Ibu Kota Ukrina; Kiev, yang berjarak 150 km selatan perbatasan Belarusia. Ini mirip latihan militer Rusia yang tidak diumumkan terjadi tepat sebelum aneksasi Crimea pada tahun 2014.

Para pakar mengatakan kepada Al Jazeera bahwa invasi atau serangan skala penuh selama latihan tidak mungkin terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa salah langkah dari kedua sisi selama ketegangan dapat mengakibatkan aksi militer.

“Kehadiran militer ditujukan untuk mengancam Polandia dan Lithuania ke barat, dan Ukraina utara. Pesannya adalah Rusia mampu melakukan operasi yang dapat merebut Kiev,” kata Alexander Khara, mantan diplomat Ukraina dan pakar kebijakan keamanan di Pusat Strategi Pertahanan.

“Mereka memperluas sumber daya kami yang terbatas, mempersiapkan kemungkinan serangan dan melakukan pengumpulan intelijen untuk melihat kemampuan apa yang kami gunakan dan bagaimana kami bereaksi. Ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa mereka memiliki tujuan, kemampuan, dan kemauan politik untuk menerapkan kekuatan militer di Ukraina jika Barat tidak menyetujui tuntutan [Presiden Vladimir] Putin.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)