4 Pejabat Luar Negeri Keturunan Indonesia, Nomor 3 Tak Disangka

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:43 WIB
loading...
4 Pejabat Luar Negeri Keturunan Indonesia, Nomor 3 Tak Disangka
(Foto searah jarum jam) Raymond Sapoen, Tun Aji Yusof Bin Ishak, Justin Trudeau, Ahmad Zahid Hamidi. Foto/wikipedia/reuters/the star
A A A
KUALA LUMPUR - Selama ini, kita lebih sering mengenal selebritas atau orang-orang sukses di dalam negeri yang memiliki keturunan asing. Namun rupanya ada juga orang-orang hebat di luar negeri yang merupakan keturunan Indonesia.

Tidak sekadar sukses, mereka juga menduduki jabatan penting pemerintahan. Siapa sajakah orang-orang tersebut? Berikut adalah daftarnya.

1. Raymond Sapoen

Nama Raymond Sapoen sempat menghebohkan jagat media sosial setelah mengumumkan kesediaannya sebagai calon presiden Suriname pada tahun 2015. Raymond Sapoen adalah hakim dan politikus Suriname.

4 Pejabat Luar Negeri Keturunan Indonesia, Nomor 3 Tak Disangka


Pria yang lahir pada 25 Oktober 1967 ini keturunan Jawa. Suriname sendiri adalah negara di Amerika Selatan bekas jajahan Belanda yang para pekerja dari suku Jawa telah tinggal di sana sejak abad ke-19.

Dilansir dari BBC, Raymond mengatakan kakek buyutnya kemungkinan berasal dari Banyumas, Jawa Tengah.

Keluarganya diketahui melakukan imigrasi pada 1928 ke Paramaribo sebagai warga Hindia Belanda yang dikirim pemerintah kolonial Belanda untuk bekerja di Suriname.

2. Tun Aji Yusof Bin Ishak

Yusof Bin Ishak yang dulunya merupakan seorang wartawan olahraga adalah Presiden Singapura pertama. Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa sebagai Encik Yusof bin Ishak juga menjadi presiden pertama yang berdarah keturunan Minangkabau dan Melayu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)