6 Kapal Perang Rusia Latihan Perang di Laut Hitam, Unjuk Kekuatan pada Barat

Rabu, 09 Februari 2022 - 09:52 WIB
loading...
6 Kapal Perang Rusia Latihan Perang di Laut Hitam, Unjuk Kekuatan pada Barat
Kapal-kapal perang Rusia menuju Laut Hitam untuk latihan perang dalam unjuk kekuatan pada Barat. Foto/REUTERS/Yoruk Isik
A A A
MOSKOW - Enam kapal perang Rusia menuju ke Laut Hitam dari Mediterania untuk latihan perang. Ini sebagai unjuk kekuatan pada Barat, di mana kedua kubu berseteru soal krisis Ukraina .

Kementerian Pertahanan Rusia, yang dikutip Interfax, mengatakan manuver di Laut Hitam telah direncanakan sebelumnya.

Rusia mengumumkan bulan lalu Angkatan Laut-nya akan menggelar serangkaian latihan militer yang melibatkan semua armadanya pada Januari hingga Februari, dari Pasifik hingga Atlantik.

Tiga dari kapal perang Rusia telah melewati selat Turki ke Laut Hitam pada hari Selasa, menurut seorang saksi mata Reuters yang dilansir Rabu (9/2/2022).



Sumber-sumber Turki mengatakan tiga kapal perang lainnya diperkirakan akan muncul pada hari Rabu.

Kapal-kapal itu termasuk Korolev, Minsk dan Kaliningrad, yang berlayar di Bosphorus pada Selasa. Sedangkan kapal Pyotr Morgunov, Georgy Pobedonosets, dan Olenegorsky Gornyak dijadwalkan melintas pada Rabu.

Rusia telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina.

Moskow menyangkal memiliki rencana untuk menyerang Ukraina, tetapi mencari jaminan keamanan menyeluruh, termasuk janji tidak ada penempatan rudal di dekat perbatasannya, pengurangan infrastruktur militer NATO dan larangan Ukraina bergabung dengan aliansi tersebut.

Secara hukum, Turki sebagai anggota NATO dapat menutup selatnya untuk transit jika Rusia mengambil tindakan militer terhadap Ukraina.

“Turki berwenang untuk menutup selat bagi semua kapal perang asing di masa perang atau ketika terancam agresi. Juga, berwenang untuk menolak transit kapal dagang milik negara yang berperang dengan Turki,” kata Yoruk Isik, analis geopolitik dan kepala konsultan Bosphorus Observer, yang berbasis di Istanbul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)