Gelombang Pertama Pasukan AS Tiba di Rumania

Rabu, 09 Februari 2022 - 00:42 WIB
loading...
A A A


Militer Rusia telah mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina, memicu krisis diplomatik dan meningkatkan kekhawatiran AS dan Eropa bahwa Moskow mungkin sedang mempersiapkan invasi yang akan segera terjadi terhadap tetangganya itu.

Rusia telah membantah berencana untuk menyerang, tetapi dengan keras menentang upaya Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Moskow juga menginginkan jaminan keamanan bahwa aliansi yang dipimpin AS itu akan menghentikan ekspansinya ke bekas republik Soviet, tetapi Washington dan NATO telah menolak permintaan tersebut.

Sementara itu, Prancis mengatakan pihaknya juga berencana mengirim pasukan ke Rumania dan telah menawarkan diri untuk menjadi negara pemimpin misi NATO di masa depan, yang dapat diikuti sekitar 1.000 tentara dari berbagai negara.

Keputusan dapat dibuat pada pertemuan menteri pertahanan NATO berikutnya pada pertengahan Februari.

"Pakar Prancis yang mempersiapkan pengerahan telah tiba di Rumania," kata Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly pekan lalu di Ibu Kota Bukares.



Pada hari Senin, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengtakan pakta pertahanan trans Atlantik itu sedang mempertimbangkan postur militer jangka panjang di Eropa Timur untuk memperkuat pertahanannya. Aliansi saat ini memiliki pasukan yang berputar masuk dan keluar dari Eropa Timur.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)