5 Catatan Penting Pertemuan Putin-Macron, Terakhir Bikin Nyali NATO Ciut

Selasa, 08 Februari 2022 - 17:14 WIB
loading...
5 Catatan Penting Pertemuan Putin-Macron, Terakhir Bikin Nyali NATO Ciut
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, 7 Februari 2022. Foto/Sputnik/Kremlin/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu di Moskow pada Senin (7/2/2022) untuk membahas krisis di Ukraina, keamanan Eropa, dan masalah bilateral.

Pertemuan keduanya berlangsung hampir enam jam. Mereka mengadakan konferensi pers bersama setelah itu, mengungkapkan beberapa hasil pertemuan.

Diskusi berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan terkait masalah Ukraina, dengan Macron akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada agenda selanjutnya.

Berikut ini beberapa catatan penting dari pertemuan Putin dan Macron.

1. NATO Abaikan Proposal Keamanan Rusia

Ada tiga poin kunci dalam proposal keamanan yang diumumkan Moskow pada Desember, yakni: tidak ada ekspansi NATO lebih lanjut, tidak ada penyebaran sistem serangan di sepanjang perbatasan Rusia, dan mundurnya penyebaran NATO saat ini ke jalur 1997.

Tanggapan NATO dan Amerika Serikat (AS), yang dikirim pekan lalu dengan permintaan untuk dirahasiakan, tidak membahas poin-poin ini sama sekali.

"Tidak ya atau tidak, seolah-olah mereka tidak pernah ditanyai," ujar Putin kepada wartawan. “Kami hanya melihat klise dan proposal politik tentang berbagai isu sekunder.”

2. Macron Sarankan Mekanisme Baru untuk Krisis Ukraina

Presiden Prancis mengatakan, “Dialog dengan Rusia adalah satu-satunya cara untuk memastikan keamanan dan stabilitas di Eropa.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)