Mau Bertemu Putin, Macron Blak-blakan Soal NATO, UE, dan Ukraina

Senin, 07 Februari 2022 - 21:31 WIB
loading...
Mau Bertemu Putin, Macron Blak-blakan Soal NATO, UE, dan Ukraina
Presiden Prancis Emmanuel Macron menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di benteng Bregancon, pantai Mediterania, dekat desa Bormes-les-Mimosas, Prancis selatan, 19 Agustus 2019. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron berpendapat Rusia tidak tertarik menginvasi Ukraina. Dia mengungkapkan optimisme bahwa selama Barat siap membuat konsesi, dia dapat mengamankan "penurunan eskalasi" ketegangan di sekitar Ukraina.

Dia akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada Senin (7/2/2022) waktu setempat.

“Tujuan geopolitik Rusia hari ini jelas bukan Ukraina, tetapi untuk memperjelas aturan hidup bersama dengan NATO dan Uni Eropa (UE),” ujar Macron menjelaskan dalam wawancara akhir pekan dengan media mingguan Journal du Dimanche sebelum keberangkatannya ke Moskow.



Rusia telah berulang kali menyerukan NATO untuk berhenti memperluas keanggotaan ke timur ke wilayah bekas Soviet.



Moskow terus mengutip kesepakatan yang dibuat pada saat runtuhnya Uni Soviet yang sejak itu telah berulang kali dilanggar NATO.



Membidik penolakan AS untuk mengakhiri “kebijakan pintu terbuka” NATO yang kontroversial, Macron memperingatkan, “Kita harus sangat realistis. Kita tidak akan mendapatkan langkah sepihak, tetapi penting untuk menghindari memburuknya situasi sebelum membangun mekanisme dan sikap saling percaya.”

Macron juga berbicara dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Minggu (6/2/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)