Saingi AS, China Akan Bikin Jet Tempur Super F-35 Bersenjata Laser pada 2035

Senin, 07 Februari 2022 - 14:03 WIB
loading...
Saingi AS, China Akan Bikin Jet Tempur Super F-35 Bersenjata Laser pada 2035
Jet-jet tempur siluman J-20 China. China ingin mengembangkan jet tempur generasi masa depan yang dijuluki medianya sebagai Super F-35 pada tahun 2035. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China berencana mengembangkan jet tempur generasi masa depan, yang oleh media pemerintah dijuluki sebagai " Super F-35 ", untuk menyaingi pesawat tempur Amerika Serikat (AS). Proyek itu akan dimulai tahun 2035 atau bahkan bisa lebih awal.

Rencana itu diungkap media pemerintah Global Times dengan mengutip makalah teknis yang ditulis oleh Yang Wei, seorang perancang pesawat di Aviation Industry Corporation of China yang juga kepala desain jet tempur siluman J-20.

“China sedang mengincar untuk mengembangkan jet tempur generasi berikutnya pada tahun 2035 atau lebih awal, yang dapat menampilkan [senjata] laser, mesin adaptif, dan kemampuan untuk memimpin drone,” tulis Global Times, yang dilansir The EurAsian Times, Senin (7/2/2022).



Merujuk pada proyek yang sedang dilakukan oleh Barat, Yang mengatakan jet tempur masa depan China akan membutuhkan jangkauan tempur yang lebih besar, daya tahan yang lebih baik, kemampuan siluman yang unggul, muatan persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan yang lebih besar, dan kapasitas untuk menawarkan kekuatan pada pilot dengan visual dan proyeksi kondisi medan perang yang mudah dipahami.

Jet tempur modern berfokus pada pengumpulan lebih banyak informasi dengan menggunakan radar AESA dan rantai data, sementara secara bersamaan membatasi kapasitas lawan untuk mendapatkan informasi, dengan menyebarkan teknologi siluman dan penanggulangan elektronik.

Artificial intelligence (AI), kata Wang, juga akan sangat penting dalam membantu pilot pesawat tempur berawak. Terlepas dari asumsi beberapa ahli Barat bahwa pesawat tempur tak berawak hanyalah masalah waktu, Yang tidak menyebutkan pesawat tempur generasi masa depan China nanti sepenuhnya otonom.

Mirip Jet Tempur Siluman AS?

Satu hal yang pasti, pesawat yang akan dibangun China tidak akan seperti jet tempur Su-27, Su-30, dan Su-35 atau salinan buatan China. Itu pada dasarnya adalah konsep Perang Dingin untuk dog-fighters yang sangat gesit tanpa otomatisasi atau tautan data.

Pesawat tempur baru nanti mungkin mirip dengan pesawat tempur siluman J-20 China, yang dibangun untuk meluncurkan rudal udara-ke-udara jarak jauh.

Sebagai pesawat berat, J-20 dilaporkan memiliki kemampuan manuver yang buruk. Selain itu, tidak ada informasi tentang kemampuan jaringannya, tidak seperti pesawat Barat yang canggih yang memungkinkan jet-jet tempurnya untuk terus-menerus berbagi lokasi dan data target dengan yang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)