Australia akan Dorong Investigasi Covid-19 di Pertemuan Majelis Kesehatan Dunia

Kamis, 23 April 2020 - 20:47 WIB
loading...
Australia akan Dorong Investigasi Covid-19 di Pertemuan Majelis Kesehatan Dunia
Australia mengatakan akan mendorong penyelidikan internasional terhadap pandemi Covid-19 pada pertemuan tahunan Majelis Kesehatan Dunia bulan depan. Foto/Reuters
A A A
CANBERA - Australia mengatakan akan mendorong penyelidikan internasional terhadap pandemi Covid-19 pada pertemuan tahunan Majelis Kesehatan Dunia bulan depan. Australia adalah anggota dari Majelis Kesehatan Dunia, yang merupakan badan pembuat keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Canbera ingin agar WHO diperkuat dan menyarankan untuk memperkenalkan inspektur dengan wewenang untuk memasuki suatu negara untuk merespons lebih cepat terhadap krisis kesehatan dalam gaya pemeriksa senjata.

"Majelis Kesehatan Dunia akan melakukan pertemuan pada bulan Mei. Ada peluang untuk mengejar masalah itu di sana dan itu adalah pelabuhan panggilan pertama kami," kata Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, seperti dilansir Reuters pada Kamis (23/4/2020).

Australia adalah salah satu negara yang sukses mengatasi Covid-19. Oleh karena itu, Canbera tengah berusaha melobi negara-negara lain untuk mendukung seruannya untuk digelarnya penyelidikan, meski mereka juga memahami bahwa negara-negara lain masih menghadapi angka kematian yang tinggi

Morrison diketahui telah melakukan panggilan telepon dengan pemimpin Prancis, Jerman dan Amerika Serikat (AS), dan diperkirakan akan melobi Inggris dan Kanada mengenai masalah ini. Prancis dan Inggris telah mengatakan bahwa ini bukan waktunya untuk penyelidikan.

Morrison mengatakan bahwa dia mengerti keraguan tentang waktu untuk melakukan penyelidikan dan mengecilkan dugaan bahwa China akan menjadi sasaran dari penyelidikan ini. "Tujuan kami di sini cukup sederhana, kami ingin dunia menjadi lebih aman ketika berbicara mengenai virus," katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)