Korut Kembangkan Program Nuklir dan Misil dalam Setahun Terakhir

Minggu, 06 Februari 2022 - 07:55 WIB
loading...
Korut Kembangkan Program Nuklir dan Misil dalam Setahun Terakhir
Pemimpin Korut Kim Jong-un berbicara di depan rudal balistik antarbenua di sebuah pameran sistem senjata di Pyongyang. Foto/Politico
A A A
NEW YORK - Korea Utara (Korut) terus mengembangkan program nuklir dan balistiknya selama setahun terakhir dan serangan siber. Begitu bunyi laporan rahasia PBB yang dilihat oleh Reuters.

Laporan tahunan oleh pemantau sanksi independen telah diserahkan pada Jumat malam kepada komite sanksi Korut Dewan Keamanan PBB.

"Meskipun tidak ada uji coba nuklir atau peluncuran ICBM (rudal balistik antarbenua) yang dilaporkan, DPRK terus mengembangkan kemampuannya untuk produksi bahan fisil nuklir," tulis para ahli, menggunakan akronim dari nama resmi Korut Republik Demokratik Rakyat Korea seperti dilansir dari kantor berita yang berbasis di Inggris itu, Minggu (6/2/2022).



Korut telah lama dilarang melakukan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik oleh Dewan Keamanan PBB.

“Pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur nuklir dan rudal balistik DPRK terus berlanjut, dan DPRK terus mencari materi, teknologi, dan pengetahuan untuk program-program ini di luar negeri, termasuk melalui sarana dunia maya dan penelitian ilmiah bersama,” kata laporan itu.

Sejak 2006, Korut telah dikenai sanksi PBB, yang telah diperkuat oleh Dewan Keamanan selama bertahun-tahun dalam upaya menargetkan pendanaan untuk program nuklir dan rudal balistik Pyongyang.



Pemantau sanksi mencatat bahwa telah terjadi percepatan yang nyata dari pengujian rudal oleh Pyongyang.

Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara lainnya pada hari Jumat mengatakan bahwa Korut telah melakukan meluncurkan sembilan rudal balistik pada bulan Januari, menambahkan itu adalah jumlah terbesar dalam satu bulan dalam sejarah program senjata pemusnah massal dan rudal negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)