Rusia Ungkap Kemungkinan Kirim Pasukan ke Amerika Latin

Minggu, 06 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Pernyataannya muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin bulan lalu setuju memperkuat kemitraan dengan para pemimpin Kuba, Venezuela, dan Nikaragua di berbagai bidang, termasuk meningkatkan kerja sama militer.

Awal bulan itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov menolak mengesampingkan pengiriman pasukan ke Amerika Latin.

Dia hanya mengatakan, “Adalah gaya Amerika memiliki beberapa opsi untuk kebijakan luar negeri dan militernya.”

“Presiden Rusia telah berbicara beberapa kali tentang tindakan apa yang bisa diambil, misalnya melibatkan Angkatan Laut Rusia, jika ada hal-hal yang memprovokasi Rusia, dan semakin meningkatkan tekanan militer terhadap kami oleh AS,” ujar dia.

Washington, bagaimanapun, mengecam saran bahwa pasukan Rusia dapat ditempatkan di Venezuela dan Kuba, yang berjarak hampir 100 mil dari pantai AS.

Pada pertengahan Januari, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan memperingatkan, “Jika Rusia bergerak ke arah itu, kami akan menghadapinya dengan tegas.”

Ketegangan antara AS dan Rusia telah tegang dalam beberapa bulan terakhir, dengan para pemimpin Barat membunyikan alarm bahwa angkatan bersenjata Moskow bersiap menyerang Ukraina.

Kremlin, bagaimanapun, telah berulang kali menyatakan mereka tidak berniat menyerang tetangganya, dan malah mencari cara untuk mendapatkan jaminan tertulis menghentikan ekspansi NATO lebih dekat ke perbatasan Rusia. Permintaan itu ditolak NATO.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)