Sudah Lewati Fase Terburuk Pandemi, Swedia Bersiap Cabut Pembatasan

Jum'at, 04 Februari 2022 - 00:20 WIB
loading...
Sudah Lewati Fase Terburuk Pandemi, Swedia Bersiap Cabut Pembatasan
Sudah lewati fase terburuk pandemi, Swedia bersiap cabut pembatasan. FOTO/Reuters
A A A
STOCKHOLM - Swedia akan mencabut pembatasan akibat pandemi Corona pada pekan depan, meskipun ada rekor tingkat infeksi. Swedia mengandalkan suntikan booster dan tingkat infeksi COVID-19 yang tinggi di masa lalu untuk menjaga tingkat rawat inap tetap terkendali.

Pembatasan yang mencakup bar dan restoran yang harus tutup lebih awal, serta batas 500 orang di dalam ruangan yang lebih besar, akan berakhir pada 9 Februari.



"Sudah waktunya untuk membuka Swedia lagi," Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson mengatakan pada konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (3/2/2022)

“Ke depan, tingkat infeksi akan tetap tinggi untuk sementara waktu lebih lama, tetapi sejauh yang kami dapat menilai, konsekuensi terburuk dari penularan sekarang ada di belakang kami,” lanjutnya.

Dipicu oleh varian Omicron yang lebih menular, Swedia telah berulang kali membuat catatan kasus harian baru selama sebulan terakhir. Kondisi ini telah membebani sistem perawatan kesehatan, meskipun pada tingkat yang lebih rendah daripada gelombang sebelumnya.



Swedia menjadi sorotan di awal pandemi karena menolak menerapkan penguncian, terutama mengandalkan tindakan sukarela yang berfokus pada jarak sosial dan kebersihan yang baik, meskipun pembatasan yang agak lebih ketat secara bertahap diadopsi dalam gelombang berturut-turut.

Negara ini telah melihat kematian per kapita berjalan jauh lebih tinggi daripada di negara tetangga Nordiknya, tetapi lebih rendah dari kebanyakan negara Eropa yang memilih untuk menerapkan lockdown.



“Beberapa rekomendasi, seperti vaksinasi dan isolasi di rumah saat sakit, akan tetap berlaku dan akan lebih membatasi bagi yang tidak divaksinasi,” ucap Menteri Kesehatan Swedia, Lena Hallengren pada konferensi pers.

Di tengah meningkatnya bukti bahwa Omicron menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah dibandingkan varian sebelumnya, ia menambahkan bahwa badan kesehatan juga akan mengusulkan agar virus tersebut tidak lagi ditetapkan sebagai ancaman bagi masyarakat, meskipun masih akan dipantau secara ketat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)