Hendak Isolasi Rusia, AS Cegah Presiden Brasil Kunjungi Moskow

Rabu, 02 Februari 2022 - 11:12 WIB
loading...
Hendak Isolasi Rusia, AS Cegah Presiden Brasil Kunjungi Moskow
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto/REUTERS
A A A
SAO PAULO - Amerika Serikat (AS) menekan Presiden Brasil Jair Bolsonaro membatalkan rencana perjalanannya ke Moskow untuk mengisolasi Presiden Rusia Vladimir Putin di panggung dunia.

Tindakan AS itu dilakukan seiring meningkatnya ketegangan di perbatasan dengan Ukraina.

Kabar tersebut diungkapkan surat kabar Brasil, Folha de Sao Paulo, mengutip sumber-sumber di Kementerian Luar Negeri di Brasilia yang mengatakan diplomat Amerika telah menyatakan tentang waktu perjalanan Bolsonaro ke Moskow, yang diduga akan mengirim pesan ke Rusia bahwa Brasil mendukung sikap Kremlin di Eropa Timur.



Tekanan untuk membatalkan perjalanan itu menurut laporan, dilakukan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken pada Minggu selama percakapan telepon dengan Menlu Brasil Carlos Franca.



Kekhawatiran Washington muncul ketika Moskow dituduh menempatkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan dengan Ukraina, dengan beberapa pihak menuduh Rusia merencanakan serangan.



Klaim ini telah berulang kali dibantah Kremlin, dan juga diremehkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Saat sebagian besar dunia Barat sedang mengancam sanksi pada Rusia, AS yakin kunjungan Bolsonaro dapat menghancurkan citra bahwa Putin terisolasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)