Terungkap, Israel Pernah Coba Bunuh Soleimani pada 2018

Sabtu, 29 Januari 2022 - 22:46 WIB
loading...
Terungkap, Israel Pernah Coba Bunuh Soleimani pada 2018
Terungkap, Israel pernah mencoba bunuh Jenderal Iran Qasem Soleimani pada 2018. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Tentara Israel meluncurkan operasi skala besar pada 2018 untuk membunuh jenderal Iran Qasem Soleimani , tetapi tidak berhasil. Hal itu diungkapkan mantan Kepala Staf militer Israel Gadi Eisenkot dalam sebuah wawancara dengan media Israel Maariv.

Dikatakan oleh Eisenkot bahwa Israel mencoba membunuh komandan Iran itu dalam 'Operation House of Cards', ketika 100 situs Iran di Suriah menjadi sasaran, menyusul penembakan roket di Dataran Tinggi Golan.

"Kami memutuskan bahwa jika dia berada di pusat komando atau ruang operasi atau di suatu tempat di daerah itu, kami akan membawanya keluar. Dan kami mendapat persetujuan untuk itu. Tapi kami tidak bisa menutup lingkaran padanya," tutur Eisenkot kepada Maariv yang dinukil Al Araby, Sabtu (29/1/2022).

Sejumlah target Iran di Suriah terkena serangan itu tetapi Soleimani selamat.



Soleimani sendiri kemudian tewas terbunuh pada tahun 2020 dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) di Baghdad atas perintah langsung presiden saat itu, Donald Trump.

Selama perang di Suriah, Israel sering menargetkan pejuang Iran di negara itu, dalam upaya untuk mencegah musuh lamanya itu membangun kehadiran permanen di perbatasan selatan Suriah dengan Israel.

Eisenkot juga mengungkapkan dalam wawancaranya, bahwa militer Israel tidak diberitahu tentang niat AS untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

"Hanya Yossi Cohen, Ron Dermer dan Benjamin Netanyahu yang menangani masalah meninggalkan kesepakatan nuklir ini. Tidak ada yang berbicara dengan badan keamanan," aku Eisenkot.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)