Saat NATO Enggan, Polandia Siap Buat Kesepakatan dengan Rusia

Jum'at, 28 Januari 2022 - 22:17 WIB
loading...
Saat NATO Enggan, Polandia Siap Buat Kesepakatan dengan Rusia
Kendaraan militer Polandia mengikuti parade di Katowice, Polandia, 15 Agustus 2019. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Dengan Moskow yang ingin mencapai kesepakatan dengan NATO mengenai jaminan keamanan di Eropa, anggota blok itu, Polandia, telah melangkah lebih jauh.

Polandia telah menyatakan kesediaannya mengizinkan inspektur Rusia masuk ke negaranya untuk memeriksa fasilitas pertahanan udara Amerika Serikat.

Menurut Wall Street Journal (WSJ) yang mengutip pejabat Polandia yang tidak disebutkan namanya, Warsawa akan bersedia mencapai kesepakatan timbal balik dengan Moskow.



Sebagai imbalannya, Polandia ingin para inspekturnya diizinkan memeriksa lokasi rudal di Kaliningrad.



Ide untuk membiarkan Rusia masuk ke fasilitas Amerika Serikat (AS) di Polandia pada awalnya diusulkan Moskow, menurut para pejabat AS.



Kremlin telah berulang kali menentang penempatan rudal asing di wilayah Eropa dan telah menyatakan fasilitas pertahanan udara dapat digunakan untuk menembakkan rudal balistik ke wilayah Rusia.

“Pejabat Polandia mengatakan pemerintah terbuka untuk inspeksi pertahanan rudal dengan syarat Rusia mengizinkan inspeksi aktivitas rudal Rusia di Kaliningrad, eksklave Rusia yang sangat militeristik di Laut Baltik yang berbatasan dengan Polandia dan Lithuania,” papar laporan Wall Street Journal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)