Honduras Lantik Presiden Wanita Pertama, Wapres AS Janji Perkuat Hubungan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:30 WIB
loading...
Honduras Lantik Presiden Wanita Pertama, Wapres AS Janji Perkuat Hubungan
Honduras lantik presiden wanita pertama, Wapres AS janji perkuat hubungan. FOTO/Reuters
A A A
TEGUCIGALPA - Xiomara Castro dilantik sebagai presiden wanita pertama Honduras pada Kamis (27/1/2022). Castro dilantik di depan kerumunan yang bersorak, termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris.

Sebagai sesama pemimpin wanita, Harris menjanjikan dukungan dari pemerintah AS pada Honduras untuk membendung migrasi dan memerangi korupsi. Harris, yang mendapat tepuk tangan meriah saat diperkenalkan, memberi selamat kepada Castro atas "pemilihan demokratisnya".



Dalam pertemuan tak lama setelah upacara, Harris berjanji untuk berkolaborasi dalam masalah migrasi, pembangunan ekonomi dan memerangi impunitas. Harris juga mengatakan menyambut baik rencana Castro untuk meminta bantuan PBB untuk membentuk komisi anti-korupsi.

Harris telah ditugaskan untuk mengatasi "akar penyebab" migrasi di negara-negara Segitiga Utara yang miskin di Amerika Tengah, tetapi perjalanannya dilakukan ketika popularitas Presiden AS Joe Biden di dalam negeri telah berkurang dan strategi imigrasinya terhenti.

Castro mentweet bahwa dia menghargai kunjungan Harris dan kesediaan pemerintahan Biden untuk mendukung pemerintah Honduras.



Harris juga berjanji untuk mengirim beberapa ratus ribu lebih dosis vaksin Covid-19 ke Honduras bersama dengan 500.000 jarum suntik dan USD1,3 juta untuk fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Pelantikan Castro mengakhiri delapan tahun kekuasaan Juan Orlando Hernandez, sekutu AS yang pernah dituduh korupsi di pengadilan AS dan memiliki hubungan dengan pengedar narkoba.

Castro, diapit oleh suaminya, mantan Presiden Manuel Zelaya. Pelantian Castro berlangsung di sebuah stadion sepak bola yang penuh sesak, di mana para pendukung memuji sumpahnya untuk memperbaiki beban utang negara yang sangat besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)