Tak Hanya Tentara, Warga Sipil Ukraina Juga Bersiap Hadapi Invasi Rusia

Rabu, 26 Januari 2022 - 16:54 WIB
loading...
Tak Hanya Tentara, Warga Sipil Ukraina Juga Bersiap Hadapi Invasi Rusia
Tak hanya tentara, warga sipil Ukraina juga bersiap hadapi invasi Rusia. FOTO/Al Jazeera
A A A
KHARKIV - Penumpukan pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina telah menimbulkan kekhawatiran soal invasi darat. Rasa khawatir juga mengapung di tengah warga sipil Ukraina yang tinggal di kota-kota yang dekat dengan perbatasan.

Sejumlah kota perbatasan ini diprediksi akan menjadi jalur masuk pasukan Rusia ke Ukraina, salah satunya Kharkiv. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (26/1/2022), menurut beberapa ahli, Kharkiv, sebuah kota berpenduduk lebih dari satu juta orang, terletak di titik masuk potensial yang mungkin digunakan Pasukan Rusia jika mereka memutuskan untuk menyerang Ukraina.



Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy semakin meningkatkan ketakutan di kota itu dengan menyatakan bahwa Kharkiv “dapat diduduki” oleh pasukan Rusia. Zelenskyy menyatakan bahwa dalam kasus ini, Rusia akan menggunakan dalih untuk melindungi penduduk kota yang berbahasa Rusia.

Saat ketakutan akan invasi mengintai kota, minat pada pasukan cadangan telah membengkak. “Untuk memperjuangkan perlindungan rumah Anda sendiri adalah motivasi besar,” kata Mykhailo, seorang anggota Pasukan Khusus Ukraina.

Mykhailo dan sejumlah personel pasukan khusus Ukraina lainnya telah berada di Kharkiv untuk mempersiapkan kota itu menghadapi invasi darat Rusia. Penduduk setempat juga belajar bagaimana menggunakan senjata anti-militer, membentuk kelompok perlawanan, dan melakukan kegiatan sabotase jika terjadi pendudukan oleh Pasukan Rusia.



“Gagasan utama di balik pasukan ini adalah untuk mempersiapkan Ukraina menghadapi perlawanan nasional yang besar,” jelas Mykhailo.

Tim Pertahanan Teritorial di Kharkiv, yang berjarak sekitar 40 km (25 mil) dari perbatasan Rusia, terdiri dari berbagai kelompok tentara dengan berbagai keterampilan dan cadangan yang dapat mempersiapkan penduduk setempat untuk melindungi rumah dan kota mereka jika terjadi invasi.

Pangkalan Angkatan Bersenjata Teritorial baru yang bermunculan di seluruh negeri adalah hasil dari undang-undang yang diperkenalkan selama putaran ketegangan sebelumnya tahun lalu. Eskalasi terbaru telah memicu tanggapan serupa, dengan Pemerintah Ukraina mengumumkan undang-undang baru yang mengizinkan penggunaan senapan berburu dalam tindakan pertahanan teritorial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)