Penampakan Tank-tank Ukraina di Jalur Kontak, Perang Bisa Pecah Kapan Saja!

Selasa, 25 Januari 2022 - 18:04 WIB
loading...
Penampakan Tank-tank Ukraina di Jalur Kontak, Perang Bisa Pecah Kapan Saja!
Tank-tank Ukraina terlihat di dekat jalur kontak Donbass. Foto/youtube
A A A
DONBASS - Badan intelijen Milisi Rakyat Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang memproklamirkan kemerdekaan wilayah itu mendeteksi kendaraan lapis baja pasukan Ukraina di daerah perumahan kota Schastia.

Kota Schastia dikendalikan Kiev dan berada dekat jalur kontak di Donbass. Kabar mengkhawatirkan itu diungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) LPR pada Selasa (25/1/2022).

"Di zona tanggung jawab brigade ke-79 (pasukan keamanan Ukraina), dua kendaraan tempur infanteri terekam di dekat daerah permukiman Schastia terdeteksi," papar pernyataan Kemhan LPR kepada wartawan.



Menurut kepolisian LPR, pasukan Ukraina telah dimobilisasi di seluruh negeri.



"Dalam beberapa hari terakhir, kami terus-menerus mendeteksi aktivitas militer aktif tentara Ukraina tidak hanya di daerah operasi hukuman di Donbass tetapi juga di seluruh wilayah Ukraina," papar seorang juru bicara polisi dalam pengarahan.



“Aktivitas tertinggi tentara Ukraina diamati di wilayah Odessa, Dnipropetrovsk, Kharkiv, dan Chernihiv,” ungkap juru bicara itu.

Konflik di wilayah timur Donbass antara Kiev dan Republik Donetsk serta Luhansk yang memisahkan diri telah berlangsung sejak 2014 ketika republik-republik tersebut memproklamasikan kemerdekaan mereka dari pemerintah pusat Ukraina setelah kepemimpinan pro-Rusia digulingkan.

Kementerian Luar Negeri Rusia percaya Ukraina telah mengirim setengah dari angkatan bersenjatanya ke Donbass selama beberapa bulan terakhir.

Moskow juga menyatakan kekhawatiran tentang transfer peralatan militer NATO ke perbatasan Rusia dan peningkatan jumlah instruktur militer Barat di wilayah yang memisahkan diri.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)