Capai Puluhan Ton, 2 Paket Senjata AS yang Dipasok ke Ukraina Dirahasiakan

Selasa, 25 Januari 2022 - 13:36 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Presiden Joe Biden sudah mengancam akan menjatuhkan sanksi sangat keras terhadap Rusia jika nekat menginvasi Ukraina. Namun, itu baru sebatas ancaman.

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken membela keengganan pemerintah untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia secara terburu-buru, meskipun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak AS dan sekutunya untuk menghukum Moskow.

“Jika menyangkut sanksi, tujuan sanksi itu adalah untuk mencegah agresi Rusia,” katanya. “Jadi jika dipicu sekarang, Anda kehilangan efek jera."

Sementara itu, New York Times pada Selasa (25/1/2022) melaporkan bahwa AS mengoperasikan penerbangan mata-mata di atas Ukraina untuk melacak penumpukan pasukan Rusia di perbatasannya.

Sejak akhir Desember, Angkatan Udara AS telah secara teratur menerbangkan pesawat penyadapan elektronik RC-135 Rivet Joint di atas Ukraina untuk mendengarkan komunikasi komandan darat Rusia.

Laporan media itu lebih lanjut mencatat bahwa Angkatan Udara AS juga mengoperasikan penerbangan pengintaian darat dengan E-8 JSTARS untuk melacak penumpukan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina dan pergerakan pasukan Kremlin.

Biden secara khusus tertarik menggunakan pesawat mata-mata untuk menemukan indikasi bahwa Rusia sedang mempertimbangkan untuk menyebarkan senjata nuklir ke perbatasan dengan Ukraina.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)