Akun WeChat PM Morrison Diblokir, Australia Tuduh China Terlibat

Senin, 24 Januari 2022 - 20:00 WIB
loading...
Akun WeChat PM Morrison Diblokir, Australia Tuduh China Terlibat
Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Ketua komite intelijen parlemen Australia menuduh China mengganggu demokrasi Negeri Kanguru setelah akun WeChat Perdana Menteri (PM) Scott Morrison diduga diblokir.

Senator Victoria James Paterson yang menjabat sebagai ketua Komite Gabungan Parlemen Australia untuk Intelijen dan Keamanan mengklaim pada Senin (24/1/2022) bahwa Morrison tidak dapat mengakses akunnya di jejaring sosial China itu selama beberapa bulan.

“Pandangan saya, mengingat WeChat adalah perusahaan yang dikontrol ketat oleh Partai Komunis China, ini berarti campur tangan asing dalam demokrasi kita, dan tidak kurang pada tahun pemilu,” ungkap Paterson selama wawancara dengan 4BC.



“Sangat memprihatinkan bahwa mereka berusaha menghukum perdana menteri, dan mencegahnya memposting di sana, tetapi mereka terus mengizinkan (pemimpin oposisi Australia) Anthony Albanese untuk memposting di sana, dan memposting serangannya terhadap pemerintah di sana, yang sekarang tidak dapat kami tanggapi,” papar dia.



Paterson meminta semua politisi Australia memboikot WeChat sebagai tanggapan, dengan menegaskan, "Tidak ada yang harus melegitimasi sensor mereka dan kendali mereka atas debat publik kita."



The South China Morning Post melaporkan pada Senin bahwa mereka tidak dapat menemukan akun Morrison di WeChat di China, sementara Albanese mengatakan kepada 4BC bahwa dia khawatir dengan "implikasi keamanan nasional" yang mungkin ditimbulkan oleh dugaan pemblokiran.

Albanese mencatat, bagaimanapun, bahwa Australia belum "mendengar apa pun dari perdana menteri sendiri tentang masalah ini."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)