AS Segera Berikan 5 Helikopter Buatan Rusia ke Ukraina

Minggu, 23 Januari 2022 - 00:01 WIB
loading...
AS Segera Berikan 5 Helikopter Buatan Rusia ke Ukraina
Helikopter Mi-17 yang digunakan militer Afghanistan. Foto/wikipedia
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mempercepat pemindahan kepemilikan lima helikopter pengangkut ke Kiev. Langkah ini diambil karena Washington bersikeras Moskow dapat "menyerang" Ukraina kapan saja sekarang.

Helikopter Mi-17 awalnya dibeli dari Rusia dan ditujukan untuk bekas pemerintah yang didukung Barat di Afghanistan, sebelum pemerintah Afghanistan menyerah kepada Taliban Agustus lalu.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengkonfirmasi pada Jumat (21/1/2022) bahwa Kongres telah diberitahu tentang langkah tersebut.

Baca juga: Prediksi Kehancuran Dunia Menguat Seiring Ketegangan AS dan Rusia

Rencana itu akan dilakukan berdasarkan program Excess Defense Articles. Departemen Luar Negeri (Deplu) AS mengatakan pada Kamis bahwa ini adalah "transfer tercepat" bagi pemerintah AS.

Baca juga: Rudal Rusia di Kuba dan Venezuela? Di Balik Retorika Keras Kremlin

Helikopter-helikopter itu sudah berada di Ukraina, yang beroperasi atas nama Pentagon dan seharusnya helikopter itu dikirim ke Afghanistan sampai pengambilalihan Taliban mengganggu rencana tersebut.

Baca juga: Hamster Dibantai Pemerintah Hong Kong, Pengkritik Protes dengan NFT

“Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina Alexey Reznikov meminta helikopter itu dari Pentagon pada akhir November, bersama dengan amunisi yang juga dialokasikan untuk Angkatan Darat Afghanistan yang sudah tidak beroperasi,” papar laporan Foreign Policy bulan lalu.

AS telah menyatakan klaim Ukraina tentang "invasi" Rusia yang akan datang sejak November, meskipun Moskow telah menepis tuduhan itu sebagai "berita palsu".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2425 seconds (10.101#12.26)