Inilah Penyebab Rusia dan Ukraina di Ambang Perang

Sabtu, 22 Januari 2022 - 00:55 WIB
loading...
A A A
“Secara paradoks, Rusia membantu memperkuat rasa kebangsaan Ukraina yang menurut beberapa politisi Rusia tidak benar-benar ada,” kata Ivar Dale, penasihat kebijakan senior di Komite Helsinki Norwegia, lembaga pengawas hak asasi manusia (HAM), kepada Al Jazeera.

Konflik berubah menjadi perang terpanas di Eropa. Ini telah menewaskan lebih dari 13.000 dan jutaan mengungsi.

Pada tahun 2014, militer Ukraina kekurangan perlengkapan dan demoralisasi, sementara separatis memiliki “konsultan” dan persenjataan Rusia.

Namun, hari ini, Ukraina jauh lebih kuat secara militer dan moral, dan ribuan sukarelawan yang membantu mengusir separatis siap untuk melakukannya lagi.

“Sebagai seorang veteran, saya selalu siap untuk bergabung kembali dengan militer untuk membela Ukraina jika terjadi invasi,” kata Roman Nabozhniak, yang secara sukarela memerangi separatis pada tahun 2014 dan menghabiskan 14 bulan di garis depan, kepada Al Jazeera.

Ukraina membeli atau menerima persenjataan canggih dari Barat dan Turki, termasuk rudal Javelin yang terbukti mematikan bagi tank separatis, dan drone Bayraktar yang memainkan peran penting dalam perang tahun lalu antara Azerbaijan dan Armenia.

Pemakzulan pertama mantan Presiden AS Donald Trump dipicu oleh penangguhan bantuan militer dan ekspor senjata ke Kiev. Penggantinya Joe Biden mungkin mengirim senjata mematikan dan penasihat dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, Ukraina telah mendorong pembangunan domestik dan produksi senjata– beberapa di antaranya sama efektifnya dengan persenjataan Barat.

Terlepas dari alasan ideologis dan politik, Putin telah mati-matian mencari keanggotaan Ukraina dalam blok perdagangan bebas yang didominasi Moskow yang diluncurkan pada tahun 2000.

Masyarakat Ekonomi Eurasia (EAEC) menyatukan beberapa bekas republik Soviet dan secara luas dipandang sebagai langkah pertama untuk mereinkarnasi Uni Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)