Terseret Tsunami, 'Aquaman' dari Tonga Ini Selamat Setelah Berenang 27 Jam

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:39 WIB
loading...
Terseret Tsunami, Aquaman dari Tonga Ini Selamat Setelah Berenang 27 Jam
Lisala Folau bersama sejumlah penduduk Pulau Atata di Nukualofa, Tonga, Tabu (19/1/2022). Foto/Reuters
A A A
WELLINGTON - Seorang pria Tonga berusia 57 tahun dijuluki sebagai "Aquaman" di dunia nyata setelah selamat dari tsunami dahsyat Sabtu (15/1) lalu, yang menyeretnya ke tengah laut. Pria bernama Lisala Folau itu mengaku berenang selama sekitar 27 jam untuk kembali ke daratan.

Letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai pada Sabtu lalu menewaskan sedikitnya tiga orang dan mengirim gelombang tsunami bergulir di seluruh kepulauan, merusak desa-desa, resor dan banyak bangunan dan melumpuhkan komunikasi di negara berpenduduk sekitar 105.000 orang tersebut.



Lisala Folau, yang tinggal di pulau kecil terpencil Atata yang berpenduduk sekitar 60 orang, dalam wawancara radio dengan agensi media Tonga, Broadcom Broadcasting - mengaku tersapu ke laut ketika ombak menghantam daratan pada hari Sabtu sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Folau mengatakan dirinya sedang mengecat rumah ketika diberitahu tentang tsunami oleh saudaranya. Namun, Folau tak sempat menyelamatkan diri karena tak lama ombak datang menghantam ruang duduk rumahnya.

Dia sempat memanjat pohon untuk menyelamatkan diri, tetapi saat turun gelombang besar lain menyeretnya ke tengah laut. Pria 57 tahun itu mengatakan dia cacat dan tidak bisa berjalan dengan baik.

"Saya hanya terombang-ambing, dihantam ombak besar yang terus datang," katanya kepada stasiun radio seperti dilansir Reuters, Kamis (20/1/2022).



Folau mengatakan dia berhasil terus mengambang, dan perlahan berenang sejauh 7,5 km (4,7 mil) ke pulau utama Tongatapu, mencapai pantai 27 jam kemudian sekitar pukul 10 malam pada hari Minggu. Reuters belum dapat menghubungi Folau atau memverifikasi peristiwa tersebut.

Sementara, kisah kepahlawanan Folau telah menjadi viral di kalangan kelompok Tonga di Facebook dan media sosial lainnya. "Aquaman di kehidupan nyata," ungkap salah satu postingan di Facebook, mengacu pada salah satu karakter komik pahlawan super terkenal. "Dia seorang legenda," tulis postingan lainnya.

Atata, yang berjarak sekitar 8 km barat laut ibu kota Tonga, Nuku'alofa, atau dapat ditempuh dengan naik perahu selama 30 menit, hampir seluruhnya hancur akibat tsunami yang melanda pulau-pulau tersebut. Kapal angkatan laut Tonga masih mengawasi pulau-pulau kecil dan mengevakuasi orang ke pulau-pulau utama.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)