Cegah Penyebaran COVID-19, 2.000 Ekor Hamster Bakal Dimusnahkan

Selasa, 18 Januari 2022 - 19:38 WIB
loading...
Cegah Penyebaran COVID-19, 2.000 Ekor Hamster Bakal Dimusnahkan
Cegah penyebaran COVID-19, Hong Kong bakal suntik mati 2.000 ekor hamster. Foto/Ilustrasi
A A A
HONG KONG - Pihak berwenang Hong Kong telah memberitahukan toko-toko hewan peliharaan dan pemilih untuk menyerahkan sekitar 2.000 hamster untuk disuntik mati . Hong Kong juga untuk sementara menangguhkan impor hewan kecil setelah menemukan bukti untuk pertama kalinya kemungkinan penularan COVID-19 dari hewan ke manusia di Hong Kong.

Pemberitahuan itu dikeluarkan setelah 11 sampel yang diambil dari hamster kembal positif dan dua infeksi terhadap manusia muncul, satu dikonfirmasi dan satu positif awal, terkait dengan toko hewan peliharaan di Causeway Bay.

Seorang penjaga toko sebelumnya didiagnosis sebagai suspek infeksi Delta pertama yang tidak dapat dilacak di kota itu dalam lebih dari tiga bulan.

Pihak berwenang mengatakan hewan-hewan itu akan diuji sebelum disuntik mati.



Direktur Pertanian, Perikanan dan Konservasi Hong Kong, Dr Leung Si-fai, mengumumkan bahwa semua pemilik yang telah membeli hamster sejak 22 Desember harus menyerahkan hewan tersebut.

“Kami telah menilai risiko kelompok ini relatif tinggi dan karena itu membuat keputusan berdasarkan kebutuhan kesehatan masyarakat,” kata Leung.

“Kami menghimbau semua pemilik hewan peliharaan untuk memperhatikan kebersihan yang ketat saat menangani hewan peliharaan dan kandang mereka. Jangan mencium atau meninggalkan mereka di jalanan,” imbaunya.

"Pemilik harus membawa hewan peliharaan mereka ke dokter hewan jika mereka menemukan kelainan kesehatan atau mereka dapat menghubungi departemen untuk bantuan," tambahnya seperti dilansir dari South China Morning Post, Selasa (18/1/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)