Dua Tewas dalam Letusan Gunung Berapi dan Tsunami Tonga

Selasa, 18 Januari 2022 - 16:51 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya hari ini, Pejabat Komisaris Tinggi Selandia Baru untuk Tonga, Peter Lund, mengatakan kepada Tagata Pasifika bahwa ada laporan yang belum dikonfirmasi mengenai hingga tiga kematian setelah letusan gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai akhir pekan dan tsunami yang diakibatkannya.

"Saya mengerti, berbicara dengan penasihat polisi kami pagi ini, laporan yang belum dikonfirmasi hingga tiga kematian, tetapi itu belum dikonfirmasi," ujarnya.

Berbicara kepada outlet berita dari Nuku'alofa melalui telepon satelit, Lund mengatakan ada operasi pembersihan besar-besaran yang sedang berlangsung di daerah itu setelah kota itu diselimuti lapisan debu vulkanik yang tebal.



Sementara itu, PBB mengatakan sinyal marabahaya telah terdeteksi di sekelompok pulau terpencil di kepulauan Tonga setelah letusan gunung berapi dan tsunami hari Sabtu. Kondisi ini memicu kekhawatiran khusus bagi penduduknya.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan tidak ada kontak dari kelompok pulau Ha'apai dan ada "keprihatinan khusus" tentang dua pulau kecil dataran rendah - Fonoi dan Mango, di mana suar marabahaya aktif telah telah terdeteksi.

Menurut pemerintah Tonga, 36 orang tinggal di Mango dan 69 di Fonoi.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)