Lukashenko: Ukraina Sedang Bangun Kekuatan di Perbatasan Belarusia

Selasa, 18 Januari 2022 - 04:00 WIB
loading...
Lukashenko: Ukraina Sedang Bangun Kekuatan di Perbatasan Belarusia
Tentara Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MINSK - Ukraina sedang membangun pasukan di perbatasan dengan Belarusia , ungkap Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada konferensi yang membahas konsep latihan militer bersama oleh Rusia dan Belarusia.

"Ukraina terus membangun kekuatan dan mengkonsentrasikan unit penjaga nasional yang diawaki oleh 'radikal nasionalis'. Mereka jauh lebih buruk daripada personel militer NATO. Ini terjadi di dekat perbatasan negara kita," kata Lukashenko, seperti dikutip dari TASS, Senin (17/1/2022).

Baca: Belarusia Siap Dukung Rusia Jika Terjadi Serangan dari Ukraina

Dia menekankan bahwa semua ini akan disamarkan sebagai tindakan terhadap migran. "Tetapi, para migran tidak ingin sampai di sana, bahkan dalam mimpi buruk mereka. Mereka tidak pergi ke sana dan bahkan tidak berniat untuk mencoba. Orang-orang Ukraina sendiri cenderung melarikan diri dari negara mereka," kata Lukashenko.

Dia menunjukkan bahwa operasi khusus sedang berlangsung di perbatasan Ukraina dengan Belarus, dengan hingga 10.000 tentara hadir di daerah tersebut. "Tren saat ini menunjukkan bahwa kontingen militer di perbatasan selatan negara kita sedang dibangun," katanya.

Lukashenko juga mengungkapkan, saat ini lebih dari 30.000 tentara dikumpulkan di Polandia dan negara-negara Baltik di dekat perbatasan Belarusia. “Menurut data sampai sekarang, lebih dari 30.000 tentara dengan perangkat keras militer, persenjataan dan sebagainya dikumpulkan di Polandia di perbatasan dengan Belarus dan di negara-negara Baltik,” katanya.



Baca: Lukashenko Minta Rusia Kerahkan Senjata Nuklir ke Belarusia

Menurutnya, Polandia juga telah beralih ke kepemimpinan NATO dengan permintaan untuk menyebarkan sistem dukungan logistik berlapis-lapis di wilayah tersebut.

"Dan kita lihat apa yang terjadi, Warsawa telah beralih ke kepemimpinan blok Atlantik Utara dengan permintaan untuk menyebarkan logistik berlapis-lapis dan sistem pendukung pemeliharaan di wilayah itu. Sebagai orang yang akrab dengan urusan militer, kami langsung bertanya: Mengapa?" ungkapnya.

Baca: Rusia Kirim Batch Kedua Kendaraan Tempur BTR-82A ke Belarusia

Presiden Belarusia juga mengatakan bahwa sekitar 8.000-10.000 tentara AS ditempatkan di Polandia dan negara-negara Baltik.

“Dari 8.000 hingga 10.000 tentara AS dikerahkan di wilayah Polandia dan negara-negara Baltik secara bergilir. Apa yang harus dilakukan Amerika di sana? Mengapa mereka mencela kami dan Rusia bahwa kami mengadakan manuver, latihan, dan sebagainya saat mereka datang ke sini dari jauh? Apa yang akan kamu lakukan di sini?" kata Lukashenko.
(esn)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3501 seconds (11.252#12.26)