Tank Berkeliaran di Jalan-jalan Swedia, Ada Apa?

Minggu, 16 Januari 2022 - 14:08 WIB
loading...
Tank Berkeliaran di Jalan-jalan Swedia, Ada Apa?
Kendaraan lapis baja berkeliaran di jalan-jalan kota Swedia saat militer negara itu mengutip ketegangan antara Rusia dan Ukraina. Foto/Russia Today
A A A
STOCKHOLM - Swedia bergerak untuk meningkatkan keamanannya di pulau Gotland, pulau terbesar yang ada di Laut Baltik . Itu dilakukan dengan maksud untuk "menyesuaikan" strategi keamanannya dengan "situasi tegang" di perbatasan Rusia - Ukraina , yang terletak sekitar 1.700 km sebelah tenggara.

Penduduk kota Visby yang mengantuk di pulau Gotland Swedia terbangun karena suara perangkat keras militer yang berat menderu di jalan-jalan pada hari Sabtu (15/1/2022). Kendaraan tempur infanteri Stridsfordon 90 Angkatan Darat Swedia telah tiba semalam untuk mengamankan kota pesisir yang tenang dan pelabuhannya.

Dalam sebuah pernyataan, militer Swedia mengatakan, sebuah unit taktis respon cepat dari Angkatan Bersenjata Swedia telah dikerahkan ke pulau itu. Sebagian dari unit diterbangkan pada Jumat malam oleh pesawat angkut berat C-17 Amerika Serikat (AS) sebagai bagian dari program “kolaborasi internasional” Swedia sementara sisanya tiba dengan feri dari daratan Swedia.



Militer Swedia mengatakan upaya itu harus dilihat sebagai bagian dari negara itu yang menyesuaikan strateginya dengan ketegangan antara Rusia dan Ukraina, yang telah menjadi berita utama media selama beberapa bulan. AS dan sekutu NATO-nya telah mengklaim bahwa pasukan Rusia akan menyerang negara tetangga Ukraina pada awal Januari atau Februari. Namun Moskow telah menolak pernyataan itu sebagai "berita palsu."

"Pengerahan itu tidak harus berarti peningkatan ancaman," kata kepala operasi Angkatan Bersenjata Swedia, Michael Claesson, kepada media seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (16/1/2022).



Berbicara kepada AP, dia juga mengutip dugaan peningkatan aktivitas Rusia di Laut Baltik yang “menyimpang dari gambaran normal.”

Sementara komentar Claesson tampaknya meremehkan "ancaman Rusia", artikel yang diterbitkan di media Swedia pada hari Sabtu berbicara tentang militer yang memperkuat posisinya saat bersiap untuk mempertahankan tempat paling rentan di negara itu.

Tabloid Jerman Bild melangkah lebih jauh, secara khusus menghubungkan pengerahan kejutan militer Swedia dengan keputusan Rusia baru-baru ini untuk memindahkan tiga kapal pendarat beratnya dari Laut Barents di Samudra Arktik ke Laut Baltik.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2722 seconds (10.177#12.26)